SDN Dinoyo 2 Siapkan Lima Hari Sekolah


MALANG – Menyambut Lima Hari Sekolah yang dijadwalkan 1 September nanti, SDN Dinoyo 2 menggelar sosialisasi kepada orang tua siswa, kemarin (9/8). Sosialisasi ini merupakan tahapan terakhir persiapan Lima Hari Sekolah, karena sebelumnya sekolah telah matang menyiapkan revisi kurikulum, sarana prasarana, perangkat pembelajaran, tenaga pengajar, dan lainnya.
“Sejauh ini tidak ada yang keberatan. Hanya menanyakan bagaimana kalau siswa harus mengaji di sore hari, namun sudah kami sampaikan kalau sekolah menyediakan waktu dan guru mengaji, jadi tidak perlu khawatir,” ujar Kepala SDN Dinoyo 2 Ratna Ningsih, S.Pd.
Dengan persiapan matang, dia berharap program ini berjalan lancar. Apalagi orang tua juga sudah memberi dukungan.
“Kami sudah merevisi kurikulum sebagai pijakan untuk melangkah. Kurikulumnya disesuaikan dengan Lima Hari Sekolah yang menekankan materi pendidikan karakternya. Juga persiapan musala, nanti anak-anak wudhunya seperti apa, imamnya siapa. Kami pikirkan matang-matang,” ujarnya.
Mengubah pola waktu belajar, otomatis pula juga melakukan perbaruan jadwal pelajaran dan penyesuaian dengan tenaga pengajarnya. Namun penting untuk diketahui, meski siswa berada lebih lama di sekolah namun yang menjadi fokus yakni penerapan lebih dalam pendidikan karakternya. Kurikulum disisipkan dengan materi Penguatan Pendidikan Karakter,  namun tema pembelajaran tetap mengacu pada silabus.
“Alhamdulillah orang tua tidak ada masalah dengan program-program sekolah. Mereka percaya kami akan merawat siswa dengan baik dan kerja keras. Terbukti kemarin ada 17 siswa kami yang memiliki nilai 100 pada ujian sekolah,” imbuhnya.
Meski baru melaksanakan Lima Hari Sekolah, namun pendidikan karakter telah lama dimasukkan dalam program pembelajaran dan kehidupan di sekolah. Buktinya, lanjut Ratna, siswanya terbentuk sebagai pribadi yang santun dalam bersikap.
Dengan penerapan Lima Hari sekolah ini, siswa kelas 1 dan 2 akan pulang setengah jam lebih lama, yakni pukul 12.00 WIB. Siswa kelas 3 dan 4 baru akan meninggalkan sekolah di pukul 14.00 WIB, serta kelas 5 dan 6 satu jam lebih lama. (mg19/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...