Hari Kedua UNBK , Logout Sendiri, Pusing Soal Matematika


MALANG – Hari kedua UNBK Matematika di Malang Raya secara umum lancar. Namun ada kasus komputer logout sendiri, Selasa (25/4). Selain kendala komputer, siswa juga mengeluhkan sulitnya mengerjakan soal higher order thinking skill (HOTS).
Kasus komputer logout sendiri terjadi di UNBK SMPN 8 Malang. Pesertanya sebanyak 298 siswa yang terbagi menjadi dua sesi. Pada kedua sesi siswa tidak mengalami kendala, hanya ada beberapa siswa komputer yang digunakan logout sendiri sehingga membutuhkan waktu beberapa menit untuk bisa melanjutkan mengerjakan soal.
Proktor SMPN 8 Malang, Darmo Wahoyono, S.Pd, MM, mengatakan, hanya ada satu sampai dua orang sehingga tidak sampai merugikan waktu siswa mengerjakan. Namun tidak sampai tiga menit sudah bisa diatasi karena di sekolah kami roktro dan teknisi semua siap.
“Kami ada lima ruang UNBK dengan masing-masing satu proktor, kemudian teknisi kami ada dua orang,” ujar Darmo.
Kejadian logout sendiri itu bisa jadi disebabkan oleh sibuknya jaringan dari pusat terlebih yang menggunakan bukan lagi ribuan melainkan puluhan ribu siswa. Hanya butuh direstart lagi untuk mengembalikan normal lagi, sehingga siswa tidak kehilangan jatah waktu yang diberikan.
Ia melanjutkan selain kejadian logout sendiri, ada satu siswa yang komputer loading lama sekali. Hal ini disebabkan karena anak tersebut logout ketika waktunya hampir atau mendekati habis.
“Satu siswa tersebut logout ketika tiga menit terakhir, sehingga kami harus mematikan Exam Browser Client terlebih dahulu kemudian merestart setelahnya baru login lagi,” ujarnya.

Berita Lainnya :

loading...