Seru saat ABK Fashion Show dan Baca Puisi


PERINGATAN Hari Kartini menjadi istimewa di SDN Sumbersari 2 karena kehadiran siswa inklusinya. Momen istimewa itu menjadi ajang anak-anak berkebutuhan khusus di sana untuk ikut tampil dengan bakat masing-masing. Suasana seru dan penuh haru mewarnai kegiatan yang digelar, Rabu, (25/4/18).
Halaman SDN Sumbersari 2 Malang ramai dengan tawa riang siswa. Mereka terlihat semangat mengikuti beragam lomba. Menariknya, 13 siswa inklusi ikut serta memberi penampilan fashion show dan membaca puisi.
Mereka sangat antusias berlengak-lenggok di hadapan tamu undangan dengan menggunakan kebaya dan pakaian tradisional. Semangat siswa-siswi dalam memeriahkan Hari Kartini yang bertema “Semangat Kartini Teladan Semangat Pelajar Masa Kini” ini sangat tinggi. Bahkan penampilan mereka memberikan hiburan tersendiri.
Kepala SDN Sumbersari 2, Sri Utami, S.Pd, M.Pd, mengatakan, melihat antusiasme siswa berkebutuhan khusus ikut serta dalam semarak kartini sangatlah membuatnya bangga. Mereka sangat bersemangat mengikuti acara ini ditengah keterbatasan yang dimiliki.
“Seperti siswa lainnya yang ikut lomba, 13 siswa tersebut juga kami ikutkan, karena sekolah tidak ingin ada perbedaan dalam memperlakukan semua murid. Bagi kami semua siswa adalah istimewa,” ujar Utami, sapaan akran Sri Utami.
Salah satu penampilan membaca puisi yang dibawakan oleh murid kelas IV SDN Sumbersari 2, Faris Fadlurrahman Achmad juga mendapat apresiasi dari semua peserta dan tamu undangan. Dengan tema Kartini, ia membacakan  penuh penghayatan serta percaya diri mengucapkan setiap kalimat dalam puisi tersebut.
Tidak hanya itu, semua siswa inklusi ini juga mendapatkan juara dan tropy untuk menghargai jerih payah mereka saat ikut lomba fashion show dan baca puisi. Terlebih mereka telah berlatih sedemikian rupa demi memberikan penampilan terbaiknya pada kegiatan yang diadakan SDN Sumbersari 2 ini.
“Kami hanya ingin adil, supaya anak-anak semangat dan tidak merasa didiskriminasikan, dengan begitu mereka akan merasa diperhatikan dengan porsi yang sama dari siswa lainnya,” kata Utami.
Tak hanya itu, kegiatan yang digelar SDN Sumbersari 2 Malang semakin semarak dengan penampilan fashion show dari wali murid. Tak mau kalah dengan siswa, para orang tua ini juga memberikan penampilan terbaiknya saat bergaya dengan kebaya yang mereka kenakan. Penampilan mereka mendapatkan tepuk tangan heboh dari peserta lainnya.
Sebelum acara lomba digelar, semua siswa, guru, dan wali murid melaksanakan upacara terlebih dahulu. Semangat Kartini sangat terasa lantaran guru-guru perempuan yang menjadi petugasnya. Sedangkan kepala sekolah menjadi pembina upacara.
“Semoga kegiatan yang kami adakan dalam rangka memperingati  Hari Kartini ini bisa memberikan motivasi, salah satunya dengan belajar lebih giat dan mampu menuai prestasi sesuai dengan keterampilan masing-masing,” pungkas Utami. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :