UMM Gelar Malam Seribu Puisi


MALANG - Memperingati Hari Puisi Nasional yang jatuh pada tanggal 28 April 2018,  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI akan menggelar Malam Seribu Puisi. Tema yang dipilih Harmoni dalam Sastra, Membangun Negeri Melalui Apresiasi Puisi pada Kamis, (26/4) di Heliped UMM.
Menghadirkan AriReda, duo vokal puisi legendaris yang terdiri dari Ari Malibu dan Reda Gaudiamo, acara didisain meriah. Pada Puncak Malam Seribu Puisi yang digelar malam hari, akan ada juga penampilan dari para pemenang lomba musikalisasi puisi siswa SMA Se-Jatim, penampilan band indie Tropical Forest hingga sajian tari-tarian tradisional.
Ketua pelaksana acara Muhammad Isnaini menyampaikan, gelaran ini merupakan salah satu cara untuk menanamkan rasa cinta terhadap sastra pada generasi muda. Harapannya, melalui lomba penulisan dan musikalisasi puisi serta tampilan khas AriReda, anak muda Indonesia lebih bersemangat mempelajari, menghasilkan dan mengapresiasi karya sastra.
“Ini agar anak muda turut membangun bangsa melalui sastra, utamanya melalui harmonisasi puisi,” ujarnya dirilis Humas UMM.
Kali ini, AriReda dipilih sebagai bintang tamu yang karyanya apik memoles puisi menjadi lebih cantik. Terbentuk pada 1982 awalnya mereka menyanyikan lagu-lagu folk dan balada. Mulai tahun 1987 keduanya bekerjasama dengan Sapardi Djoko Damono dan Fuad Hassan yang kala itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Berteman dengan musik, mereka ingin mengajak masyarakat secara keseluruhan untuk menikmati puisi lewat lagu. Sejak saat itu AriReda menyanyikan karya para penyair Indonesia. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :