Pendaftaran SBMPTN Ditutup


MALANG – Pendaftar yang sudah diterima jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), tak boleh ikut tes jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada 8 Mei mendatang. Sehingga, bagi camaba yang salah pilih jurusan pada SNMPTN harus terlebih dulu mengundurkan diri, sebelum ikut serta ujian SBMPTN. Sesuai jadwal, pendaftaran SBMPTN akan resmi ditutup pada Jumat, (27/4/).
“Kalau mau ikut tes SBMPTN ya harus mengundurkan diri terlebih dulu dari SNMPTN. Tidak boleh double, karena panitia akan mengecek pada 8 Mei nanti,” ujar Kabag Humas UM, Dra Aminarti Siti Wahyuni kepada Malang Post, kemarin.
Dia melanjutkan, pada 8 Mei mendatang diagendakan peserta yang lolos SNMPTN melakukan registrasi (daftar ulang) yang tanggal tersebut bertepatan dengan ujian tes SBMPTN. Pada tahun lalu, juga banyak terjadi pendaftar yang tidak melakukan registrasi karena diduga mundur dari SNMPTN dan mengikuti tes SBMPTN. Parahnya, jika pendaftar yang lolos SNMPTN tetap melakukan registrasi tapi terlambat karena mencoba peruntungan melalui tes SBMPTN juga. Hal inilah yang tidak dapat ditoleransi.
“Pada tahun ini, panitia tidak menoleransi keterlambatan, sehingga pendaftar tidak dapat melakukan tahapan penerimaan SNMPTN selanjutnya,” ungkapnya.
Pada tanggal 8 Mei diduga akan menyebabkan padatnya aktivitas di area UM, sehingga diimbau khususnya camaba jalur SNMPTN yang registrasi, maupun bagi pendaftar tes SBMPTN untuk mempersiapkan diri. Sebab, lebih dari 30 ribu orang akan padat melakukan aktivitas di UM. Bagi pendaftar yang mengikuti tes SBMPTN, diharapkan untuk memeriksa lokasi dan ruang ujian agar tidak bingung dan terlambat.
“Bagi yang sudah memegang PIN agar segera mendaftar dan cetak kartu pendaftarannya. Jangan menunda jelang ditutup karena biasanya di akhir waktu antrean padat di sistem. Sedangkan, untuk para peserta dimohon melihat lokasi ujian sehari sebelum pelaksanaan dan dokumen yang diperlukan harus disiapkan, khususnya bagi yang ikut ujian berbasis cetak,” imbuhnya.
Update terbaru pada 24 April lalu, total pendaftar sebanyak 32.111 orang yang terdiri dari Saintek sebanyak 14.043 orang, Soshum sebanyak 15.098 pendaftar, dan  IPC sebanyak 2.970 pendaftar. Di UM untuk Saintek 722 ruang yang disiapkan telah terisi seluruhnya. IPC di UIN Maliki juga sudah terisi seluruhnya sebanyak 139 ruang. Sedangkan soshum di UB terisi sebanyak 715 dari 781 ruang yang tersedia. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...