Mandiri Dimulai dari Melepas Sepatu Sendiri


MALANG - Melepas sepatu sendiri dan menaruh di rak memang sepele. Tapi tak semua anak bisa melakukannya. Hal kecil ini diajarkan TK Lovely Bee untuk meningkatkan life skills dan daya imajinasi anak. Sekolah menyebut sebagai metode Montessori. Pada metode ini anak dipersilahkan mencoba sendiri dulu, guru tidak mengajari melainkan lebih mengarahkan apabila siswa belum bisa melakukan kegiatan tertentu.
Metode montessori menekankan kepada pentingnya penyesuaian diri di lingkungan sekolah sesuai dengan perkembangannya dan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademia dan keterampilan praktik.
“Lovely Bee sendiri menerapkan metode ini mulai dari hal paling sederhana seperti siswa harus mampu melepas sepatunya sendiri, menaruhnya ke rak sepatu, dan kemudian menggunakan sandal tanpa harus dibantu oleh guru atau wali kelas,” ujar Kepala TK Lovely Bee, Vica Ayu Wdya K, SAB.
Ia mengatakan, untuk menerapkan metode montesssori ini diperlukan kesabaran khusus lantaran yang dihadapi adalah siswa dengan usia antara 4 sampai 6 tahun. Sejauh ini siswa Lovely Bee mampu beradaptasi dengan metode yang diterapkan kurang lebih membutuhkan waktu antara tiga minggu hingga satu bulan.
”Metode Montessori ini siswa dilatih bersikap mandiri di usia mereka, kemudian anak juga lebih kreatif karena siswa diajak belajar dengan cara yang menyenangkan yang mendukung praktical life mereka, mengorganisir, dan kemandirian anak,” ujar Vica. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...