SBMPTN 2018 Ditutup, Pendaftar Capai 34 Ribu Peserta


MALANG - Jumlah pendaftar jalur tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah melampaui kuota. Hingga sore kemarin, seluruh ruangan ujian sudah terisi, termasuk ruang cadangan.
"Pendaftar untuk saat ini telah melebihi 100% khususnya pendaftar saintek dan soshum. Meski begitu, masih disiapkan ruangan sampai ditutup," ujar Kabag Humas UM, Dra Aminarti Siti Wahyuni, kepada Malang Post, kemarin.
Sesuai jadwal, pendaftaran resmi ditutup pada pukul 22.00 WIB, kemarin. Hal ini berdasarkan jadwal dari panitia pusat SBMPTN.
"Tidak ada berita dari panitia pusat untuk perpanjangan, sehingga masih sesuai jadwal," ujarnya.
Dia melanjutkan, untuk monitoring pemakaian ruangan, jumlah ruang utama sebanyak 810 untuk pendaftar saintek dan 859 untuk pendaftar soshum yang keduanya telah terisi beserta ruang cadangannya. Sementara untuk IPC, dari 187 ruang utama, masih tersisa 38 ruang cadangan.
Sementara itu, update terbaru kemarin untuk total pendaftar sebanyak 34.814 orang yang terdiri dari Saintek sebanyak 15.270 orang, soshum sebanyak 16.304 orang, dan IPC sebanyak 3.240 pendaftar. Terlihat lonjakan pendaftar yang tinggi mulai tanggal 23 April lalu yang dalam sehari mencapai 3.535 pendaftar. Kemudian mengalami penurunan kembali sebanyak total 165 untuk ketiga bidang tersebut. Sedangkan untuk monitoring ruangan, pada ujian saintek 97,46%, soshum 96,71%, dan IPC 95,4% peserta telah memenuhi ruang utama.
"Persiapan teknis di UB sudah sangat siap untuk melayani pendaftar," imbuh Ketua Panlok Malang, Prof Kusmartono.
Kusmartono menambahkan, untuk pengawas disiapkan panitia dari dosen di masing-masing PTN. Sementara untuk pelaksanaan ujian di kampus lain seperti Widyagama, STIE, dan BSS, akan meminta bantuan pengawasan dari dosen dan guru setempat. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :