Pertamina Foundation Wujudkan Kepedulian untuk Pendidikan Lewat SOBI


PENDIDIKAN - Sebanyak 263 peraih beasiswa Pertamina yang tergabung dalam Sobat Bumi Indonesia (SOBI) mengikuti program ‘Character Building dan Green Action’ selama empat hari. Kegiatan yang berlangsung 27 – 30 April 2018 di Coban Rondo, Kabupaten Malang diisi dengan berbagai kegiatan seperti tanam pohon, Character Building, pertunjukan seni tari dan ditutup dengan konklusi.
Selain pemberian beasiswa pada ratusan siswa berprestasi, kegaiatan tersebut ditujukan untuk memperingati Hari Bumi dan Hari Pendidikan Nasional. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pelaksana, Rohmat Pudji Purnomo.
"Melalui kegiatan Character Building dan Green Actiondan dari Pertamina Foundation, kami ingin mengubah perilaku atau budaya melestarikan dan menjaga bumi. Baik bagi generasi muda dan masyarakat keseluruhan," ujar Rohmat kepada Malang Post.
Ia menjelaskan, selama empat hari ratusan peserta peserta diajak untuk membuka diri agar mengetahui potensi masing-masing. Di mana dalam metodenya, peserta diajak menyatu dengan alam melalui out bond, pemberian materi Character Building dan ditutup dengan praktik. "Dari rangkaian itu kami ingin peserta menerjemahkan apa yang dipejari dari materi. Baru kemudian diterjemahkan dalam praktik. Jadi tidak sekedar lelah, tetapi ada maknanya," tegasnya.
Pada hari kedua, lanjut dia, peserta menampilkan berbagai pagelaran seni dari tiap perwakilan daerah yang tergabung dalam Sobat Bumi. Tujuannya untuk mencintai budaya yang ada dan saling menghargai keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia.
Semantara itu, Presiden Direktur Pertamina Foundation, Wisnuntoro mengatakan beasiswa yang diberikan oleh Pertamina Foundation merupakan wujud dari kepedulian pihaknya bagi generasi muda Indonesia berprestasi sebagai calon penerus bangsa. "Ini merupakan wujud dan perhatian kami bagi generasi kuda berprestasi. Di mana ada ratusan siswa dari berbagai perguran tinggi yang tiap tahunnya," papar Wisnuntoro.
Ia menguraikan, ada lima komponen terdiri dari beasiswa, bantuan biaya hidup setiap bulan sebesar Rp 500 ribu, SPP tiap semester maksimal Rp 5 juta, serta berbagai kegiatan seperi biaya pelatihan capacity building, character buliding dan aksi penaman pohon untuk turut menjaga lingkungan.
Dewan Pertimbangan Ketua Sobat Bumi Indonesia, Khasemy Rafsanjany berharap melalaui Sobat Bumi ini akan membawa nama baik tiap kampus dari berbagai daerah di Indonesia. "Kami ingin anggota Sobat Bumi menjadi kader dan berkontribusi lebih menjaga lingkungan. Mengingat kita masih berusia lima tahun," ungkapnya.
Selain itu, ia ingin para anggotanya bisa berkoordinasi lebih baik lagi dengan daerah lain melalui pengalaman dan teman baru. Mengingat sudah banyak prestasi akademik maupun non akademik, baik di tingkat nasional hingga internasional telah diraih oleh para anggota yang tergabung dalam Sobat Bumi Indonesia. (eri/adv/nda)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...