Lembaga Kursus Makin Berkualitas


PENDIDIKAN – Dinas Pendidikan kota Malang mewadahi 50 Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) melalui bimbingan teknis (Bimtek) untuk menjalani akreditasi. Tak heran, LKP yang aktif tersebut juga digandeng dalam pameran pada seminar Hardiknas 2018, di VEDC mulai 22-27 April lalu. LKP ini memamerkan karya sekaligus mendemokan beberapa pelatihan khusus, seperti totok wajah.
“Banyak siswa SMA kecantikan yang bergabung di LKP kami, mereka nantinya dapat berpeluang menjadi make up artis usai mengikuti pelatihan,”ujar Nurhidayati, Pimpinan LKP TIA kota Malang yang ditemui Malang Post.
Dia melanjutkan, tahap pemula biasanya diberi pelatihan level dua terkait perawatan wajah dan mani pedi. LKP yang membidangi spa ini juga memberikan ilmu pelatihan refleksiologi termasuk totok. Selain itu, anggotanya juga aktif dalam mengikuti lomba rias pengantin di kota Malang untuk menunjukkan kompetensinya.
“Peran Dindik sangat penting dalam mewadahi seluruh kegiatan di LKP kota Malang. Sebagai penasehat dan pelindung, tentu Dindik aktif melakukan monitoring mulai awal pelatihan hingga uji kompetensi,” imbuhnya.
Tak hanya LKP TIA kota Malang saja yang mendapat perhatian besar dari Dindik, LKP LIA kota Malang juga mengaku perlakuan yang sama. Terlebih saat ini, Dindik juga kerap melakukan Bimtek sebagai upaya LKP memperoleh akreditasi. Bendahara HIPKI kota Malang, Desi Indrasari menegaskan akreditasi sendiri juga penting bagi LKP untuk menunjukkan kualitas dan mempermudah perizinan agar lebih dipercaya masyarakat.
“Ini tahun pertama Dindik menyelenggarakan Bimtek dengan mengajak 50 LKP di kota Malang. Kami merasa terwadahi dengan adanya sosialisasi dan informasi dari setiap kegiatan oleh Dindik,” ungkap Pimpinan LKP LIA, Desi Indrasari.
Wanita berjilbab ini, juga menegaskan Dindik kota Malang sering menyelenggarakan lomba untuk LKP sesuai aturan Pemerintah untuk mendorong lembaga makin kompetitif dan kredibel di tengah masyarakat. Salah satunya LKP LIA, sebagai lembaga kursus pendidikan bahasa Inggris, Dindik juga mendukung penuh kemajuan LKP ini diantara persaingan lembaga kursus asing.
“Dindik kota Malang juga menyelenggarakan lomba LKP untuk lembaga kursus dengan penilaian pengelolaan lembaga maupun prestasi siswanya, sehingga yang lokal tidak kalah bersaing, lebuh maju, dan aktif,” imbuhnya. (mg3/adv/oci)    

Berita Lainnya :