Sukses Tuan Rumah Semarak Hardiknas Jatim


PENDIDIKAN – Kota Malang menjadi tuan rumah pagelaran Semarak Hardiknas Jawa Timur 2018 di P4TKBOE Malang, (22-27/4/18). Acara ini dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP. Muhadjir disambut dengan pertunjukkan kesenian jaran kepang dari SDN Pandan Mojokerto dilanjutkan dengan persembahan tari beskalan dari SMAN 8 sebagai tarian khas Malang yang memiliki filosofi bentuk wujud syukur rakyat. Nampak juga menyambut rombongan tamu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah, MM.
Muhadjir menjelaskan, pelaksanaan Hardiknas dilakukan serempak pada 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dia menilai, semarak Hardiknas 2018 di Jawa Timur berjalan sukses. Terlebih, ini pertama kalinya seluruh UPT bersinergi menangani kegiatan besar tersebut.
"Setelah ini saya juga akan memantau pelaksanaan Hardiknas di Papua. Tidak semua provinsi dikunjungi. Saya nilai sukses untuk penyelenggaraan Hardiknas di Jawa Timur," ungkapnya.
Dalam peringatan Hardiknas ini, Kemendikbud menyampaikan ucapan terimakasih kepada beberapa lembaga daerah yang membantunya mulai dari LPMP sebagai penjaminan mutu pendidikan hingga balai bahasa serta cagar budaya dan antropologi. Seluruh lembaga dan unit tadi harus bersatu padu dan kompak. "Di setiap daerah memiliki balai pelatihan bidang elektronik dan otomotif, termasuk guru di bidang mesin otomotif seluruh Indonesia pelatihannya berpusat di Malang," tuturnya.
Secara teknis lembaga-lembaga dibawah Kemendikbud ke depan
harus bekerja sama dengan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kemajuan. Bahkan, tahun depan rencananya akan diselenggarakan peringatan Hardiknas selama satu bulan yang melibatkan Kepala Dinas baik kabupaten, kota maupun provinsi. "Saya minta semua pelaku pendidikan baik sekolah dan lembaga daerah dapat meningkatkan kompetensi dan unjuk bakat sehingga tahun depan harus lebih meriah lagi," tuturnya.
Kepala P4TKBOE bidang elektronika dan otomotif, Dr. Sumarlo, turut mengapresiasi peringatan Hardiknas sebagai momentum untuk meningkatkan semangat nasionalisme dunia pendidikan. Dalam peringatan Hardiknas 2018 di provinsi Jawa Timur  diselenggarakan serempak  dengan kerja bersama tujuh Unit Penyelenggara Teknis (UPT) di Jawa Timur dengan tema menularkan pendidikan dan memajukan kebudayaan.
"Selama sepekan telah dilakukan berbagai kegiatan mulai dari materi penguatan literasi, berbagai seminar  dengan talkshow agar masing-masing UPT. Dalam pelaksanaannya ada lomba robot, lomba mewarna, membuat film berbasis android dan job fair untuk lulusan SMA/SMK se Malang raya," paparnya. (mg3/oci)

Berita Lainnya :

loading...