Kontes Robot Indonesia di Polinema


PENDIDIKAN - Kontes Robot Indonesia (KRI) regional IV dimulai. Lomba diikuti 41 perguruan tinggi ini dihelat di Polinema. Ada lima divisi yang dilombakan yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.
Sebelumnya, kemarin, peserta berjibaku dengan robotnya sebelum bertanding, hari ini. Mereka melakukan trial guna mempersiapkan sekaligus menyeleksi robot sebelum bertanding sesuai dengan regulasi yang ada.
“Peserta harus memperhatikan berat, dimensi, panjang, tinggi serta tegangan listrik yang digunakan pada robot,” ujar salah satu regu KRI, Dr Wahidin Wahab yang ditemui Malang Post di Graha Polinema, kemarin.
Dosen dari Universitas Indonesia ini mengaku pada tahapan trial terdapat sebanyak tiga sesi yang digunakan untuk latihan peserta robot. Dalam evaluasinya, ada beberapa peserta yang memiliki robot terlalu panjang dan terlalu berat. Maka sesuai dengan aturannya, peserta wajib untuk memotong maupun mengurangi beban. Peserta cenderung merancang robot yang panjang.
Sebelumnya, para peserta melalui tahap seleksi mulai dari proposal pengajuan, dilanjutkan dengan tahap penyaringan tim robot untuk menuju tingkat nasional maupun internasional melalui KRI yang dilaksanakan dalam beberapa regional. (mg3/oci)

Berita Lainnya :