SMPN 2 Pagak, Tampilkan Sulap Matematika dan Simulasi Hidrolik


PENDIDIKAN – Siapa bilang belajar Matematika dan IPA itu tidak mengasyikan. Buktinya, SMPN 2 Pagak bisa menyulap kedua pelajaran tersebut menjadi suatu hal yang menyenangkan. Seperti saat Pameran Pendidikan di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, kemarin, SMPN Pagak menyuguhkan Sulap Matematika.
Selain Sulap Matematika, sekolahan tersebut juga mendemonstrasikan cara kerja mesin hidrolik yang biasa digunakan di tempat pencucian mobil. Bahkan mereka juga menampilkan tahapan terbentuknya embun serta kabut. Semua simulasi tersebut diperagakan langsung oleh guru serta murid SMPN 2 Pagak.
Penampilan berbeda dari stand lainnya dan terkesan unik, membuat Stand SMPN 2 Pagak dibanjiri pengunjung. Mayoritas pengunjung merupakan para pelajar SD. Mereka tertarik Sulap Matematika serta berbagai demonstrasi tersebut. Apalagi berhasil merubah pelajaran yang selama ini dianggap menyeramkan, menjadi pelajaran menyenangkan.
Kepala SMPN 2 Pagak Muhammad Sholeh mengatakan, pelajaran Matematika dan IPA selama ini dianggap sulit dan menyeramkan. “Kami bertekad mengubah anggapan kedua pelajaran itu sulit dan meyeramkan menjadi pelajaran mengasyikan. Sehingga, para pelajar senang belajar Matematika dan IPA,” ujarnya kepada Malang Post, kemarin.
Dia menjelaskan, hasilnya, terciptalah Sulap Matematika, demosntrasi sistem penggunaan mesin hidrolik dan prosesi terbentuknya kabut maupun embun. “Ini semuanya karya asli dari SMPN 2 Pagak. Kemudian saya mengajarkan hal ini kepada seluruh guru dan siswa. Sehingga, mereka menjadi enjoy dalam belajar,” terangnya.
Menurutnya, melalui pelajaran yang enjoy semacam ini membuat para siswa mernjadi lebih mudah dalam menyerap ilmu maupun materi pelajaran yang disampaikan. Sehingga, tidak ada lagi ketakutan terhadap para siswa atas kedua pelajaran ini. “Kami terus berupaya menciptakan suatu yang kreatif serta menyenangkan. Tujuannya, supaya siswa lebih menyerap pelajaran dan tentunya outputnya adalah peningkatan kualitas siswa dengan meraih banyak prestasi,” pungkasnya. (big/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :