Peremajaan Alat lab, FMIPA UM Siapkan RP 40 Miliar

 
MALANG - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang (MIPA-UM) mempersiapkan dana Rp 40 miliar untuk memenuhi peralatan laboratorium yang canggih, Laboratorium Sentral Mineral dan Material Maju UM.
“Laboratorium kita sering digunakan oleh kampus-kampus lain untuk melakukan penelitian. Nah, untuk terus mengikuti kecanggihan teknologi, kami akan memerbarui terus alat-alatnya. Kami akan memberikan pelayanan terbaik, termasuk perbaikan kecanggihan alat-alat laboratorium,” ungkap Dekan MIPA UM, Dr. Markus Diantoro, M.Si .
Markus menerangkan, penambahan alat yang akan dilakukan bukan karena alat di laboratorium rusak. Namun penambahan alat dilakukan lantaran kecanggihan teknologi yang harus terus diikuti. 
“Sebagai laboratorium sainstifik kita tidak boleh membiarkan adanya alat-alat laboratorium yang sedikit saja terlewat kecanggihannya. Sebab, dalam ilmu sains, satu inci saja ketinggalan teknologi, keterbatasan eksplorasi sains kita juga terbatas,” paparnya.
Selama ini, lanjutnya, UM telah mempunyai alat-alat yang bisa digunakan untuk segala bidang disiplin ilmu sains. Alat-alat tersebut antara lain, XRF (X-ray Fluorescent) untuk analisis komposisi unsur, XRD (X-Ray Difractometer) untuk analisis ukuran butir, struktur kristal senyawa dan lainnya.
Markus mengatakan, alat-alat tersebut terus diperbarui, untuk itu ia harus mengikuti perbaruan alat tersebut. 
“Serinya  akan bertambah terus. seperti yang saya bilang tadi, jangan sampai tertinggal 1 inci,” pungkasnya. (sin/oci)

Berita Lainnya :