Jurnalis Zaman Now Harus Keren

 
MALANG – Menjadi jurnalis zaman now harus keren. Penampilan rapi dan bersih menjadi kunci agar narasumber enjoy diwawancara. Hal ini disampaikan  Manager Iklan Malang Post, Noer Adinda Zaeni di hadapan 35 siswa SMAN 1 Tumpang.
Puluhan siswa yang terdiri dari kelas 10 dan 11 ini merupakan anggota ekskul jurnalistik SMAN 1 Tumpang, Widya Wiyata (Wita Crew), melakukan kunjungan ke Graha Malang Post, Kamis (3/5) untuk mengenal lebih dekat tentang Malang Post dan kerja para jurnalis secara langsung.
“Pada saat wawancara berlangsung, kenakan busana yang rapi dan bersih sebagai wujud penghargaan kepada narasumber. Jurnalis zaman now harus tampil se-keren mungkin, sehingga narasumber pun merasa enjoy saat wawancara. Saat  mereka enjoy, maka jurnalis akan mendapatkan materi berita yang menarik,” beber Dinda, sapaan akrabnya.
Proses wawancara sendiri dibagi menjadi tiga tahapan, yakni persiapan, wawancara serta evaluasi.
“Sebelum wawancara, jurnalis harus mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dikupas. Buat daftar pertanyaan untuk memudahkan proses wawancara. Dan tak kalah pentingnya, siapkan alat-alat, yakni ballpoint, note, perekam dan kamera,” terangnya.
Dinda juga memberikan penjelasan tentang berbagai rubrik yang ada di Malang Post serta peran serta yang telah dilakukan oleh Korane Arek Malang ini untuk masyarakat di Malang Raya.
“Sebagai media, kami tidak hanya bertugas membagikan informasi kepada masyarakat. Kami juga berperan aktif dalam pembangunan. Malang Post menjadi inisiator dan pioneer di beberapa kampung di Malang, seperti Kampung 3G di Glintung dan Kampung 3D di Ksatrian,” ujar Dinda.
Pada sesi tanya jawab, terlihat para siswa sangat antusias. Mereka menanyakan berbagai hal, salah satunya solusi menghadapi narasumber yang pelit bicara seperti yang disampaikan oleh Nadilatul Muchtasibah, siswa kelas 11 IPA 4 yang juga menjabat sebagai ketua ekskul jurnalistik sekolah.
Sementara itu, Pembina Jurnalistik SMAN 1 Tumpang Malang, Maisyaroh Aisiyah mengatakan, program kunjungan siswa ke media ini merupakan kedua kalinya dilakukan. Ia berharap setelah kunjungan ini, para siswa semakin bersemangat dan dapat menghasilkan produk jurnalistik yang baik.
“Siswa yang tergabung dalam Wita Crew membuat majalah sekolah. Saat ini sudah sampai di proses lay out. Semoga setelah kunjungan ini, kami bisa menghasilkan produk jurnalistik yang semakin baik,” kata Maisyaroh. (sir/nda)

Berita Terkait

Berita Lainnya :