Wisuda SMK PGRI 2 Malang, Rita Retno Ningtyas Borong Lima Penghargaan


MALANG – SMK PGRI 2 mewisuda 195 siswa kelas XII dari lima jurusan meliputi Administrasi Perkantoran (APK), Multimedia (MM), Akutansi (AK), Pemasaran (PMS), serta Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Jumat (4/5) kemarin di Hotel Gajahmada. Selama prosesi purna wiyata taruna ini orang tua yang hadir turut bersuka cita, lantaran pada moment ini menandakan keberhasilan siswa sekaligus telah usainya masa pembelajaran di sekolah.
Purna Wiyata Taruna yang merupakan agenda tahunan SMK PGRI 2 ini juga turut mengumumkan beberapa nama siswa berprestasi secara akademik dan non akademik. Sekolah memberikan penghargaan kepada lima peserta didik dari masing-masing jurusan, diantaranya Cintiya (AK), Rita Retno Ningtyas (APK), Sisca Widya Lestari (PMS), Maryunani (TKJ), dan Elsa Try Vina (MM). Penghargaan Siswa Berpretasi ini diborong oleh Rita Retno Ningtyas yang berhasil mengantongi lima kategori sekaligus, empat lainnya yakni Juara Umum, nilai tertinggi di sekolah UNBK mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Kompetensi Keahlian.
“Belajar dan pantang menyerah adalah kunci keberhasilan, kemudian memiliki rasa tanggungjawab kepada guru yang selama ini telah mendidik kami,” ujar Rita Retno Ningtyas.
Menurutnya, untuk bisa mendapatkan hasil ini yang paling utama adalah belajar secara rutin, tidak perlu lama cukup satu atau dua jam namun harus konsisten setiap hari. Selain itu, khusus pada mata pelajaran Matematika yang dianggap sulit dan untuk menguasainya tidak bisa instan maka praktik mengerjakan soal-soal ia tingkatkan.
“Meskipun mendapat lima penghargaan sekaligus, namun saya berharap bisa lebih baik lagi. Sebisa mungkin tetap rendah hati, tidak perlu sombong, terus belajar serta memupuk rasa tanggungjawab, dan yang tak kalah penting adalah percaya diri,” ujar Rita, yang juga langganan peringkat 1 di kelasnya itu.
Sedangkan untuk prestasi non akademik diberikan kepada Hanifah Kusumawati sebagai pengurus OSIS terbaik dan Irvan Dwi Saputra sebagai anggota Paskibra terbaik. Pada kategori Hockey ada Irvan Dwi Saputra sebagai  Best Player, sedangkan Best Hockey Fighter Putri diraih oleh Hanifah Kusumawati, Aurelia Monica, Hepy Puspitasari, Ella Fitri Azari, Khoirotul Nur Fadillah, dan Krisnia Lailawati.
Prestasi akademik maupun non akademik ini mendapat apresiasi dari sekolah sebagai upaya untuk terus memberikan semangat serta motivasi bagi siswa itu sendiri serta teman-temannya. Menurut Kepala SMK PGRI 2, Suprijana, S.Pd, kegiatan purna wiyata taruna di sisi lain juga untuk mengembalikan siswa kelas XII kepada orang tua. Siswa yang selama tiga tahun belajar di SMK PGRI 2 bisa mengaplikasikan ilmu dengan baik di dunia kerja.
“Karena siswa kami yang sudah diterima kerja kurang lebih sekitar 50 persen, dan sisanya jika ingin melanjutkan studi bisa mendapatkan Perguruan Tinggi sesuai keinginan,” ujar Suprijana.
Menurutnya, SMK PGRI 2 sudah menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi di Malang Raya, sehingga siswanya yang ingin melanjutkan studinya namun tidak memiliki biaya bisa diikutkan seleksi program Bidikmisi.
“Tahun ini kami juga sudah menjajaki kampus lainnya untuk menjalin kerja sama, sehingga dengan begitu kami bisa menjembatani siswa yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi namun dari segi perekonomian bisa dikatakan terbatas,” pungkasnya. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...