Tes Keterampilan UM Diikuti 1.217 Peserta


MALANG – Meski pelaksanaan ujian keterampilan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berlangsung pada 9 Mei mendatang, peserta yang memilih program studi di UM wajib cek lokasi pada 7 Mei. Hal ini ditengarai agar peserta mampu mempersiapkan diri lebih baik.
“Ujian keterampilan diselenggarakan pada 9 Mei, namun peserta ujian wajib melihat lokasi ujian pada 7 Mei,” ujar Kabag Humas UM, Dra Aminarti S Wahyuni kepada Malang Post, kemarin.
Di UM sendiri jumlah peserta ujian keterampilan sebanyak  1.217 orang. Bagi peserta yang memilih dua prodi, UM menyaratkan peserta untuk melaksanakan ujian kedua pada 11 Mei di Fakultas Sastra UM dan Fakultas Ilmu Keolahragaan UM. Diimbau bagi peserta dapat melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan waktu yang ditentukan di fakultas atau program studi.
“Peserta harus menunjukkan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Ujian SBMPTN. Mereka dapat mengikuti ujian keterampilan sesuai dengan program studi yang dipilihnya dan mempersiapkan perlengkapan ujian keterampilan sesuai dengan prodi yang dipilih,” tandasnya.
Ujian keterampilan terdiri dari beberapa kategori yakni ujian keterampilan seni rupa, kriya, dan desain, ujian keterampilan tari, ujian keterampilan musik, ujian keterampilan etnomusikologi, ujian keterampilan teater dan seni pertunjukan termasuk sendratasik opsi teater, fotografi, film dan televisi, serta olahraga.
“Pada setiap pelaksanaan ujian, peserta diwajibkan membawa alat tulis termasuk alat menggambar sesuai dengan prodi pilihan. Sementara untuk beberapa alat musik yang telah disiapkan UM yakni piano, drum, dan gamelan. Sedangkan untuk peserta yang memilih prodi olahraga, mereka harus menyiapkan perlengkapan olahraga mulai baju, celana, dan sepatu olahraga,” bebernya.
Ujian keterampilan berguna untuk mengukur minat, bakat, dan potensi kemampuan untuk mengikuti pendidikan bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan ditentukan melalui kombinasi Ujian Tertulis dengan Ujian Keterampilan bidang studi terkait.  Ini sebagai ujian tambahan bagi peserta pendaftar bidang studi Seni dan atau Keolahragaan. Sebab, bakat, kemampuan dan atau keterampilan dalam bidang Seni dan Keolahragaan tidak dapat diukur hanya dengan hasil Ujian Tertulis dan atau rekaman historis nilai rapor mata pelajaran. Pelaksanaannya dilakukan setelah Ujian Tertulis SBMPTN 2018. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :