Maksimalkan Peran Dosen Dan Calon Guru Besar


MALANG – Tak hanya mahasiswa, dosen dan calon guru besar juga dituntut dapat melakukan pengabdian masyarakat secara maksimal. Hal ini diterapkan bagi pengajar di Unmer yang baru-baru ini melakukan pengabdian masyarakat di 33 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang. Selain bermanfaat sebagai wadah kegiatan pengabdian, hal ini juga mampu digunakan untuk memaksimalkan dana desa dalam meningkatkan kesejahteraannya.
“Ini merupakan wadah bagi guru besar dan dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian. Selain itu, tingkat implementasi program pembangunan desa yang kurang maksimal dapat terarahkan secara teknis dengan bantuan akademisi,” ujar Wakil Rektor 1 Unmer, Prof. Ir. H. Respati Wikantiyoso, MSA,Ph.D kepada Malang Post, kemarin.
Dia melanjutkan, tingkat implementasi pembangunan desa kurang maksimal, padahal setiap desa mendapat kucuran dana sebesar Rp 800 juta. Terdapat tiga jenis desa, yakni desa maju, desa tertinggal, dan desa mandiri. Dosen dan guru besar akan membantu mengatur ritme kebutuhan masing-masing desa di setiap kecamatan.
“Pemerintah memberi dana desa dan dana alokasi desa. Dana alokasi berasal dari 70% dari dana desa yang diusulkan pemerintah pusat. Di dalam pengabdian, kita memberikan pendampingan untuk merencanakan pengembangan, konteksnya untuk efisiensi perencanaan,” tuturnya.
Dalam hal ini yang terpenting adalah pemberdayaan masyarakat. Sehingga masyarakat mampu secara mandiri mengakses kebutuhan dari pihak lain selain mengelola dana pemerintah. Pendampingan tidak akan seterusnya dan waktunya tidak sama tergantung dari beberapa respon desa tersebut. Desa tertinggal lebih banyak yang diurus dan lebih intens.
“Desa maju cukup satu sampai dua kali pendampingan sudah dapat berkembang. Peran dosen dan guru besar merancang kebutuhan desa sampai menjadi desa mandiri. Jika ada masalah teknik, maka mahasiswa yang berperan dalam KKN tematik. Tahun sebelumnya, Unmer menerapkan pengabdian masyarakat melalui pos daya yang lebih mengutamakan pemberdayaan keluarga,” imbuhnya. (mg3/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :