Besok, Tes SBMPTN Dimulai


MALANG - Pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Panitia lokal 55 kelompok Ujian Campuran dengan sistem ujian tulis berbasis cetak (UTBC), berlokasi di dua tempat, yakni UIN Maliki dan Unisma. Mulai 8 Mei besok, ujian akan berlangsung dari jam 07.00-15.00 WIB.
“Dalam pelaksanaannya akan ada tim pengawas untuk kelompok campuran yang jumlahnya total 391 orang,” ujar Ketua Panitia SBMPTN UIN Maliki, Drs Achmad Heru Achadi.
Jumlah pendaftar UTBC campuran hingga penutupan pendaftaran, total 3.588 peserta. Jumlah tersebut terus meningkat sejak 18 April lalu yang mencapai 242 pendaftar  per hari. Sedangkan untuk monitoring pemakaian ruangan, untuk kelompok ujian IPC sebanyak 187 ruang utama dan 38 ruang cadangan dengan kapasitas maksimum 4.500 peserta. Terdapat tiga peserta tuna netra yang mendaftar pada ujian kelompok IPC.
“UIN Maliki menyiapkan total 139 ruang dengan kapasitas peserta yang mencapai 2.780 orang. Tiga peserta tunanetra akan mengikuti ujin didampingi pengawas khusus yang menempati salah satu ruang yang berada di Unisma,” ungkapnya.
Selain itu, Unisma juga turut serta menyiapkan ruang bagi peserta ujian tes SBMPTN yang berlokasi di Gedung Usman Bin Affan. Jumlah yang terdata akan mengerjakan tes SBMPTN kelompok IPC dengan sistem UTBC tersebut sebanyak 850 orang.
“Sebanyak 850 orang yang akan mengerjakan UTBC di Unisma. Kami menyiapkan 48 ruang di lantai dua sampai lima Gedung Usman Bin Affan dengan melibatkan 98 pengawas. Cukup satu gedung saja karena itupun tidak penuh,” tutur Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri M.Si, kemarin.
Maskuri menambahkan, bagi peserta terutama tunanetra juga disiapkan pendamping. Dia memastikan pelayanan terbaik demi kelancaran ujian peserta SBMPTN kelompok IPC tersebut di Unisma. Tak hanya menyiapkan gedung, peserta juga mendapat fasilitas pendukung lainnya.
“Kami tekankan pelayanan yang ramah dan disiplin, serta sepenuh hati agar peserta dapat mengerjakan tes dengan senang dan sukses. Tentu fasilitas pendukung mulai dari ruang ber AC, penerangan yang cukup ditunjang dengan lingkungan yang bersih. Penggunaan lift juga disiapkan dengan petunjuk yang jelas,” imbuhnya.(mg3/han) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :