Lulusan SMK Kartika IV-1 Laris Manis

 
MALANG – Sebanyak 70 persen dari 90 siswa SMK Kartika IV-1 sudah diterima kerja di dunia industri. Lulusan dari tiga program keahlian seperti Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Kecantikan ini mayoritas bekerja sesuai jurusan yang digeluti selama tiga tahun di SMK.
Untuk menjembatani lulusannya mampu terserap dunia kerja, SMK Kartika IV-1 selain memberikan pembekalan baik dari segi akademik maupun keterampilan juga mengupayakan untuk lebih mendekatkan diri ke dunia usaha. Terus mencari kebutuhan yang paling banyak diperlukan oleh industri saat ini hingga mensinkronkan kurikulum terhadap dunia industri.
”Kemudian kami juga selalu mengadakan kegiatan magang bagi guru kejuruan di industri secara periodik. Alhamdulilah dengan beberapa upaya yang telah kami lakukan 70 persen dari 90 peserta kelas XII yang lulus atau sekitar 63 siswa dari tiga jurusan yang ada sudah diterima kerja,” ujar Kepala SMK Kartika IV-1, Drs. Sunari ditemui di sela Gelar wisuda kelas XII  SMK Kartika IV-1, Kamis (10/5).
Menurutnya, peluang kerja dari program keahlian Tata Boga sangat dibutuhkan oleh dunia industri. Terutama lulusan laki-laki, dari 10 siswa laki-laki kelas XII yang ada di SMK Kartika IV-1, 8 siswa begitu selesai ujian langsung bekerja.
”Sedangkan dua siswa lainnya ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Melihat banyaknya siswa kami yang sudah mendapatkan pekerjaan tentu kami sebagai orang tua mendoakan kesuksesan dunia akhirat mereka. Dan semoga empat sampai enam tahun kedepan anak-anak sudah bisa menjadi pengusaha,” terang Sunari disela-sela prosesi wisuda.
Pada prosesi wisuda kali ini, SMK Kartika IV-1 menghadirkan penampilan fashion show bali dance yang disambut tepukan meriah dari siswa maupun tamu undangan. Tak hanya itu, gaun yang dikenakan oleh lima peserta fashion show merupakan desain rancangan dari alumni angkatan tahun 2003.
SMK Kartika IV-1 Malang juga turut memberikan apresiasi berupa beasiswa kepada tiga siswa peraih nilai UN tertinggi. Peringkat satu mendapatkan beasiswa Rp 1 juta diberikan kepada Intania Wirata Permatasari, peringkat dua Rp 750 ribu diberikan kepada Laily Mufida, dan peringkat tiga Rp 500 ribu diraih oleh Ria Tri Lestari.
Sementara itu, waka kurikulum SMK Kartika IV-1 Malang, Kristina Rahayu, S.PD, mengatakan, siswa yang telah diterima kerja tersebut semoga bisa menjaga nama baik almamater, mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatnya semasa di sekolah dengan baik, dan tentunya ketika terjun ke dunia kerja semuanya bisa kompeten di bidang tersebut.
”Alhamdulilah banyak alumni kami yang berhasil dan sukses, secara tidak langsung itu bisa mengangkat nama sekolah sekaligus menjadi motivasi bagi siswa yang lulus tahun ini maupun adek-adek kelasnya,” imbuh Kristina. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :