Sambut Ramadan, 600 Siswa SDI Sabilillah Mengikuti Kirab


 
MALANG – Menyambut Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriyah, SD Islam Sabilillah Malang mengadakan Kirab yang diikuti sekitar 600 siswa, mulai dari kelas I hingga V. Rute yang mereka tempuh diawali dari sekolah kemudian kampus ABM, Jalan Bajang Ratu, dan berakhir di Jalan Ahmad Yani.  Uniknya, setiap siswa membawa poster berisikan ajakan berpuasa untuk mengingatkan masyarakat sekitar yang mungkin terlena dengan kegiatan lain sehingga lupa bahwa sebentar lagi bulan suci Ramadan.
Beragam tulisan dituangkan siswa didalam poster, mulai dari Marhaban ya Ramadhan, Lets Fasting Lets Taraweeh, Ayo Poso Ker Gak Poso Gak Keren Ker, dan masih banyak yang lainnya. Adanya kreasi ini dimaskudkan agar siswa terbiasa berbahagia menyambut datangnya bulan suci Ramadan sekaligus memberi motivasi untuk mengenal awal Ramadan dan berlatih puasa.
“Kami tanamkan pemahaman ke siswa bahwa siapa yang bergembira menyambut datangnya bulan suci Ramadan, maka api neraka tidak dapat menyentuh kulitnya, pemahaman ini kami terapkan saat kegiatan kirab Ramadan ini,” ujar Kepala SD Sabilillah Malang, M. Hasan Yakub, S.Ag, M.Pd, Jumat (11/5).
Dengan membuat poster saat Kirab Ramadan siswa terpacu imajinasinya mengenai tulisan apa yang akan disampaikan. Secara tidak langsung mereka juga belajar dan mengembangkan literasi serta menambah wawasan. Disamping itu, peserta didik juga diperkenalkan syariat agama Islam melalui kegiatan kirab yang mana sebelum memasuki bulan Ramadan sudah menjadi keharusan semua umat muslim untuk mengingat, berbagagia, dan menunjukkan.
Nilai-nilai keagamaan ini penting guna memberikan motivasi siswa untuk terus belajar berpuasa meskipun antara kelas I dengan kelas diatasnya berbeda. Selain itu, kirab Ramadan ini menjadi bagian dari penerapan delapan cinta di lingkungan SD Sabilillah Malang.
“Kegitan kirab Ramadan merupakan implementasi dari 360 derajat cinta yang terdiri dari delapan cinta. Jadi kami ingin mengembangkan karakter cinta selain kepada Allah SAW dan Rosulnya juga cinta siswa terhadap sesame, karena saling mengingatkan diantara mereka yang disampaikan melalui poster-poster,” kata Hasan.
Tak hanya itu, penerapan delapan cinta pada kegiatan Kirab Ramadan juga sejalan dengan visi misi SD Sabilillah Malang yakni menjadi sekolah unggul dan rujukan dalam pendidikan karakter, keislaman, kebangsaan, kecendekiaan dan bertaraf internasional. Karakter kebangsaan ditunjukkan melalui kebersamaan mereka kemudian juga dituangkan kedalam poster bertuliskan saling mengharga dan menyantuni.
“Sedangkan karakter kecendikiaannya tercermin dari poster yang mereka buat yakni mengkolaborasikan antara ide kemudian dituliskan dan kreasi visualnya sehingga apa yang mereka tulis tidak hanya diterima oleh masyarakat namun juga indah dipandang,” pungkasnya.
Kirab Ramadan ini bekerja sama dengan SDN Blimbing 3 supaya saat pelaksanaan lebih semarak. Disisi lain, SD Sabilillah Malang menjadi piloting project pengembangan pendidikan karakter  kementerian nasional yang dianjurkan untuk selalu mengajak dan mengimbaskan karakter-karakter baik di sekitar lingkungan sekolah. (mg7/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...