Prosesi Wisuda, Naik Pesawat


MALANG - Ada yang unik di balik wisuda siswa-siswi MTsN 6 Malang, Jalan Raya Sukoraharjo, Kepanjen, Sabtu kemarin. Prosesi wisuda di kemas seperti menaiki pesawat. Ada pilot dan Co-pilot, pramugari serta penumpangnya.
Termasuk replika pesawat Airbus, yang merupakan pesawat terbesar di dunia yang dibangun di gerbang masuk sekolah. Adalah Kepala MTsN 6 Malang, Sutirjo, yang berpenampilan sebagai pilot. Sedangkan untuk co-pilot dan pramugari diperankan oleh para guru.
Sementara untuk 210 siswa-siswi yang diwisuda termasuk wali muridnya sebagai penumpang. Prosesi wisuda yang berbeda ini, diawali dengan semua siswa-siswi yang diwisuda berbaris memanjang.
Kemudian mereka satu persatu, sembari membawa miniature pesawat di tangan menuju Pilot, untuk menerima kalung medali wisuda. Baru selanjutnya, siswa menaiki pesawat untuk menuju ke tempat duduk masing-masing.
“Kemasan replika pesawat ini, filosofi berfikirnya adalah dari generasi penerus bangsa yang berangkat dari persawahan atau perkampungan bisa menuju ke level lebih tinggi,” jelas Sutirjo.
Ia mengatakan, tema dari wisuda tersebut, adalah ‘Waktu Kampung Dolanan Menuju Indonesia Mandiri Energi’. Teman ini diangkat dalam konteks, bahwa sesungguhnya perubahan yang jauh dan hebat dari kampung.
Bisa dimulai dari RT atau RW, hingga sampai adanya destinasi desa. “Harapan kami, dengan Purnawiyata MTsN 6 Malang, yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan warga dan ibu-ibu PKK bisa membangun Bangsa Indonesia mulai bawah,” tegasnya. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...