Cultur Sumbawa II, Ajang Silaturahmi dan Promosi Budaya


MALANG - Sedikitnya 8.000 masyarakat Sumbawa yang ada di Kota Malang bertemu di Kampus Unisma, Sabtu, (12/5/18). Mereka berkumpul untuk memeriahkan gelaran Cultur Sumbawa II yang diselenggarakan Ikatan Pelajar Mahasiswa Sumbawa (IKPMS) Malang.
Tak hanya  masyarakat Sumbawa  saja yang hadir menyaksikan even dua tahunan ini, juga mahasiswa dari berbagai daerah seperti  Lombok, Bima, Sulawesi dan Kalimantan. Mereka berkumpul menjadi satu untuk menyaksikan  seni budaya masyarakat pulau yang ada di sebelah timur pulau Lombok ini.
Ketua kegiatan Egi Khalikur R.G mengungkapkan, kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi juga untuk mengenalkan budaya dan wisata kabupaten Sumbawa ke khalayak ramai.
Di awal  kegiatan,  panitia memberikan kesempatan kepada salah satu sesepuh masyarakat Sumbawa yang  telah lama bermukim di kota Malang,  Dr Abdul  Aziz S.R untuk memberikan kata sambutan  sekaligus membuka kegiatan Cultur Sumbawa II.
Dan dalam sambutannya, Dr Abdul Azis  yang juga sebagai pengajar di UB dan UI memberikan apresiasi terhadap mahasiswa Sumbawa yang ada di Malang karena masih peduli dengan kearifan lokal  budaya tanah Samawa. Dia berharap agar pemerintah daerah Sumbawa mendukung kegiatan seperti ini.
Dalam gelaran tersebut di tampilkan berbagai kesenian daerah Sumbawa seperti Taruna Dedara, Samawa Rebalas Lawas, Ngumang, tarian Nuri, Samalewa dan Bakelun. Ada pula sajian masakan dan jajanan khas Sumbawa seperti Manjareal dan permen susu.
“ Alhamdulillah saya bersyukur acara ini dapat terselenggara dengan sukses, tentunya ini berkat kerja sama  semua panitia dan para pendukung. Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam Cultur Sumbawa II,” tutur Egi.
Kegiatan rutin tahunan ini bukan hanya menampilkan kesenian dan kuliner Sumbawa, saja tetapi juga ada pameran tentang keindahan obyek wisata yang ada di wilayah yang terkenal akan madunya ini. Mulai dari  keindahan Pantai hingga alam penggunungan yang masih alami.
“Saya berharap untuk tahun depan acara ini dapat dilaksanakan lebih besar lagi, tentunya juga dapat didukung pemerintah daerah langsung, karena dengan kegiatan ini kami dapat mengenalkan seni budaya dan keindahan Sumbawa kepada masyarakat luas,” harap Egi. (ian/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...