Sabyan Gambus Ajak Remaja Masjid Unisma Bersalawat


MALANG – Sambut bulan suci Ramadan 1436 H, Kumpulan Remaja Masjid Ainul Yaqin (Kurma Ayu) Unisma bekerja sama dengan PPA Darul Quran Malang menggelar Talk Show Targhib Ramadan, Minggu (13/5). Kegiatan ini mendatangkan Sabyan Gambus, grup musik yang saat ini tengah bersinar di tanah air lantaran lagu yang dibawakan bergenre gambus.
Sabyan Gambus yang digawangi oleh enam personil yakni Nisa, Annisa, Tebe, Ayus, Wawan, dan Kamal. Namun pada kegiatan Talk Show Targhib di Masjid Ainul Yaqin hanya dihadiri oleh empat personil. Meski demikian tidak menghilangkan antusiame peserta untuk menyimak perjalanan grup musik ini.
Pada Talk Show tersebut, salah satu personil sempat membacakan ayat suci Alquran fasih dengan nada yang indah. Seketika para mahasiswa khususnya kaum perempuan histeris mendengar suara merdu anggota Sabyan Gambus.
“Untuk bisa menghafal Alquran dibutuhkan niat yang kuat serta pemahaman bahwa ketika kita menghafalkan satu maka Allah SWT akan memberikan suatu kebaikan, kemudian juga konsisten terus belajar menghafal misalkan satu hari dua halaman, niat pada diri sendiri itu menjadi bagian terpenting untuk menghafalkan Alquran,” ujar Kamal seusai membaca Ayat Suci Alquran.
Pada Targhib Ramadan ini, Sabyan Gambus menceritakan perjalanan dari awal karirnya pada tiga tahun lalu hingga banyak dikenal masyarakat hingga saat ini. Berawal dari bermain musik di acara pernikahan dan khitanan dari satu acara ke acara lainnya, salah satu personilnya bernama Ayus mencetuskan ide untuk membuat sebuah pencapaian.
Pada awalnya Sabyan Gambus ini sering memposting lagu bergenre gambus dan salawat, namun ternyata pengguna media sosial lebih sering menonton lagu salawat. Hingga akhirnya mereka fokus memperkenalkan salawat yang mudah dihafal oelh semua kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.
“Kami dari awal tidak niat untuk seperti ini, karena kami berasal dari latar belakang yang berbeda seperti Nisa (Vokal) sebenarnya bukan lulusan pesantren melainkan STM/SMK, namun kami semua mencintai musik terutama genre gambus atau Arabian, karena lagu sholawat penikmatnya banyak. Oleh karena itu kami sepakat untuk memperkenalkan, salawat pertama yang kami cover yakni Komarun,” ujar Sabyan Gambus.
Talk Show Targhib Ramadan 1439 H ini ditutup oleh suara emas Nisa yang membawakan satu lagu salawat (Ya rosullah, ya habiballah). Peserta dibuat baper oleh suara merdu Nisa dan paras cantiknya. Bahkan para mahasiswa ini juga berkesempatan foto bersama seusai acara.
Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Ainul Yaqin Unisma, Kukuh Santoso, M.Pd mengatakan, menyongsong bulan suci Ramadan ini dimanfaatkan untuk semangat bersalawat baik dohir maupun batin, gegap gempita marhaban ya Ramadan.
“Semangat itulah yang ingin kami sampaikan kepada muda-mudi dengan mendatangkan bintang tamu Sabyan Gambung yang sedang trend saat ini, semata-mata untuk memberikan semangat mujahadah khususnya bagi mahasiswa,” ujar Kukuh.
Ia melanjutkan, Kurma Ayu akan selalu sinergi dengan kegiatan-kegiatan Unisma untuk mendidik dan membimbing muda-mudi khususnya dalam mencegah sifat radikalisme dengan melalui sholawat. Mempopulerkan sholawat memang menjadi satu visi dan misi kampus Unisma yang bahkan sholawat itu tidak bisa lepas dari Unisma.
“Maka dari itu, salawat Sabyan Gambus saya kira sangat tepat diadakan di Masjid Ainul Yaqin Unisma untuk memberikan semangat sholawat kepada muda-mudi di Malang Raya,” pungkas Kukuh. (mg7/adv/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :