Calon Rektor UB Diputuskan Hari Ini


MALANG – Usai mendatangi Kemenristekdikti selasa lalu, (08/5), Ketua Senat UB, Prof Dr Ir Arifin masih menunggu hasil rapat kecil yang digelar Kemenristekdikti di Jakarta, hari ini. Dia menargetkan Kemenristekdikti harus segera memberi keputusan sebelum tanggal 25 Mei mendatang.
“Nah itu, yang belum kita tahu, soalnya setelah saya ke Jakarta, Selasa lalu, Kemenristekdikti masih akan melakukan rapat besok (hari ini,Red) selama dua hari,” ujar Ketua Senat UB, Prof Dr Ir Arifin yang ditemui Malang Post, kemarin.
Dia melanjutkan, upaya jemput bola pemilihan rektor ini dilakukan karena Rektor UB Prof Dr Ir Moh Bisri MSi akan segera selesai masa jabatannya pada 10 Juni mendatang. Meski begitu, dalam melakukan beberapa kebijakan di UB, Bisri masih berwenang sebelum masa jabatannya berakhir. Dalam pengamatannya, proses yang paling lama dijalani Kemenristekdikti adalah PPATK sebagai salah satu perekaman jejak calon. Menurutnya, proses PPATK lama dianggap wajar, sebab berkas yang diperiksa harus detail.
“Yang menjadi rektor UB kan harus bersih, tapi Alhamdulillah ketiga calon itu tidak ada masalah dalam hal pemeriksaan PPATK kemarin,” tandasnya.
Selain itu, molornya pilrek UB diduga karena proses pemilihan rektor juga tengah dilakukan pada empat perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia. Setelah hasil rapat selesai, Kemenristekdikti akan mengumumkan kapan datang ke UB untuk menggelar rapat bersama senat sekaligus pemilihan.
“Pengumuman untuk rapat senat akan dilanjutkan dengan proses pemilihan tiga calon tersebut.  Kalau mengacu pemilihan senat sama, suara anggota senat 65% akan ditambah suara Menteri 35%. Target kami, sebelum 25 Mei harus digelar rapat,” tandasnya.  (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...