Tanamkan Semangat Berbagi Sejak Dini


MALANG - Siswa Kelas IV A SDN Blimbing 1 Malang mendapatkan pelajaran berharga dari kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan, Minggu, (13/5). Program ini merupakan agenda tahunan yang digalakkan oleh Dwi Yulia Mintorowati, S.Pd, wali kelas IV A SDN Blimbing 1 Malang. Tujuannya yakni untuk melatih siswa didiknya memiliki kepedulian yang lebih terhadap sesama terutama anak yatim piatu.
“Setiap tahunnya panti asuhan yang dituju berbeda-beda terutama yang ada di sekitar sekolah. Namun karena sepertinya mereka sudah mampu, kali ini kami keluar yakni ke Kecamatan Jabung,” ujar Yulia, sapaan akrab  Dwi Yulia Mintorowati, S.Pd kepada Malang Post.
Bakti sosial dilaksanakan di dua panti asuhan yakni Al-Muhajirin dan Darul Musthafa kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Semangat berbagi terlihat jelas dari wajah 40 siswa mulai dari pemberangkatan hingga sampai pada tujuan.
Menurutnya, sasaran utama dari kegiatan ini yaitu panti asuhan yang benar-benar membutuhkan, artinya mereka tidak memiliki donator tetap. Di sisi lain, sangat penting bagi siswa menanamkan rasa peduli terhadap anak yatim piatu tidak hanya saat di SDN Blimbing 1 Malang, namun juga bisa diterapkan hingga nanti.
Rasa peduli yang ditanamkan sejak kecil nantinya akan membekas terus di benak siswa, sehingga tidak menutup kemungkinan kegiatan semacam ini akan terus berlanjut di masa yang akan datang. Untuk bakti sosial ini, SDN Blimbing 1 Malang memberlakukan sistem sukarela, tida memaksa, dan tidak membebani.
“Alhamdulilah, respon siwa kelas IV A dengan kegiatan ini sangat baik sekali, bahkan tidak hanya mereka, guru dan orang tua kelas IV A sangat mendukung sekali,” ujar Yulia.
Bahkan ia juga sering mengimbau kepada siswanya yang ingin merayakan ulang tahun tidak perlu kemana-mana, cukup ke panti asuhan dan berbagi kebahagiaan itu akan memberikan manfaat tersendiri. Kebahagiaan yang dirasakan oleh anak yatim piatu itulah yang akan mendatangkan keberkahan.
“Itu yang sering kali kami sampaikan kepada siswa karena belum tentu anak panti asuhan setiap hari makan enak, nah dengan merayakan ulang tahun di sana memberikan perhatian yang lebih itu juga akan memupuk kepedulian kita sekaligus meningkatkan rasa syukur atas apa yang dimiliki,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala SDN Blimbing 1 Malang, Tjipto Yhuwono, S.Pd, M.M.Pd, mengatakan, kegiatan ini juga untuk mendidik para siswa sesuai dengan kurikulum K13 mengenai religius dan toleransi. Kemudian dengan melihat dan mendengarkan secara langsung bagaimana kehidupan di dalam panti asuhan, peserta didik akan lebih mengerti tentang bersyukur.
“Bersyukur kepada Allah SWT yang mana kehidupan siswa tersebut lebih daripada teman-teman yang ada di panti asuhan,” ujar Tjipto.
Menurutnya, bakti sosial yang diadakan oleh SDN Blimbing 1 Malang dengan menyantuni panti asuhan yang berbeda-beda ini juga memberikan suatu pelajaran untuk meningkatkan rasa sayang dan tawaduk terhadap orangtuanya.
“Selain itu juga mengajarkan kerendahan hati serta siswa lebih berjiwa sosial,” pungkasnya. (mg7/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...