Pesan Moral Lewat Lagu


JAGALAH Perilaku, adalah judul lagu yang diciptakan guru TK Permata Iman Sriwedari bernama Diana Rachmawati, S.Pd tahun 2017 lalu. Lagu ini pula yang mengantarkannya sebagai juara I cipta lagu anak pada Olimpiade PG PAUD di Universitas Negeri Malang (UM) tingkat Jawa Timur. Lagu tersebut dibuat dengan observasi mengenai sikap anak-anak sekarang yang mulai jauh dari sopan santun dan cara bicara kurang sesuai dengan usianya. Sehingga terciptalah lagu yang mengandung banyak nasehat seperti ingatlah ketika berucap, berperilaku, dan rajin belajar.
“Waktu itu niat sekali ikut olimpiade itu, pembuatan lagunya satu minggu sudah jadi, kemudian karena tidak terlalu bisa membuat notasi saya konsultasi dengan guru piano, sehingga total dari awal sampai selesai sekitar dua minggu,” ujar Diana, sapaan akrab Diana Rachmawati, S.Pd.
Menyanyi menjadi hobinya sejak kecil, dan dulu Diana kerap mewakili sekolah untuk mengikuti lomba Porseni. Bahkan Ia pernah ikut pada festival lagu-lagu Nicky Astrea tahun 1991. Meskipun kini Ia telah menjadi seorang guru, menyanyi tetap menjadi hoby yang selalu menyenangkan.
Menurutnya, melalui sebuah lagu, ia dapat menyampaikan nilai-nilai moral, menanamkan karakter yang baik kepada anak Indonesia dimulai dari sekolah dimana ia mengajar. Selain itu juga memberikan pelajaran untuk menarik minat peserta didik sehingga mereka bisa belajar dengan gembira.
“Lagu-lagu yang pernah saya buat yakni bertema tentang sikap/perilaku, kemandirian, rumah, toleransi, pekerjaan, kedisiplinan/kerja sama, alam semesta, dan gender,” ujar Diana yang juga sering menjadi MC diberbagai acara ini.
Total lagu yang pernah Ia buat sudah mencapai 11 lagu, delapan diantaranya sudah lengkap dengan notasi. Dari semuanya, lagu yang berjudul “Tukang Sayur” menjadi juara III lomba cipta lagu pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2010 dan pada tahun 2011 meraih juara I di acara Porseni IGTKI Malang dengan judul lagunya “Semua Sama”.
“Saya juga pernah mengalami hal tidak menyenangkan dimana satu lagu saya diambil orang dan yang menyanyikannya anak kecil, saya waktu itu tahu ketika ada kegiatan menanam bersama anak-anak di Taman Bentol. Namun tidak sempat tanya karena saat itu sibuk,” ujar perempuan yang pernah mengisi acara di Stasiun TV RRI ini. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :