TNBTS Jadi Lab Belajar Mahasiswa Poltekom

 
MALANG – Setelah izin Dikti resmi turun empat bulan lalu, Poltekom gencar menyiapkan prodi baru destinasi pariwisata untuk dua kelas pada tahun ajaran ini. Jenjang D4 setara sarjana ini menjadi peluang Poltekom dalam mengambil peran menyiapkan SDM yang siap menjadi perencanaan dan pengembangan pariwisata.
“Saat ini, pemerintah menjadikan destinasi pariwisata sebagai unggulan pemasukan devisa negara. Sehingga ini menjadi peluang Poltekom dapat mengambil peran menyiapkan SDM sarjana terapan D4 destinasi pariwisata yang siap menjadi perencanaan dan pengembangan parisiwata,” ujar Direktur Poltekom, Dr Isnandar MT kepada Malang Post.
Dua kelas yang disiapkan setidaknya akan diisi oleh 30 mahasiswa baru yang nantinya dituntut meningkatkan kompetensi dalam menjadi perencana dan pengembang pariwisata. Isnandar mengungkapkan, Indonesia memiliki 10 destinasi di berbagai daerah diantaranya bromo tengger semeru dan pulau komodo. Sehingga generasi muda dapat mengambil peran untuk meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia.
“Pembedanya dengan universitas lain yakni lulusannya dapat memiliki kompetensi perencanaan dan pengembang, sekaligus mampu berwirausaha dalam bidang pariwisata yang merupakan hal penting dimiliki lulusan Poltekom nanti,” tuturnya.
Terlebih, di setiap desa kini dikembangkan menjadi desa wisata. Sehingga anak muda berpeluang untuk siap bekerja sebagai pengembang perencana pariwisata daerah. Hal ini juga ditunjang dengan ketua prodi D4 destinasi pariwisata Poltekom yang merupakan Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia. Sehingga bagi lulusan Poltekom nanti akan langsung mendapat sertifikat dari asosiasi tersebut.
“Ketua prodi adalah orang kepercayaan Kementrian Pariwisata yang mengawal banyak desa wisata di Indonesia. Lulusan nanti tentu akan langsung tersertifikasi Asosiasi Desa Wisata Indonesia untuk menjamin mutu,” tandasnya.
Sementara itu, prodi destinasi pariwisata juga akan memanfaatkan Bromo Tengger Semeru sebagai laboratorium pembelajaran dalam pengerjaan tugas akhir. Poltekom juga bekerja sama dengan gubernur NTB untuk mengembangkan pariwisata melalui pengiriman mahasiswa mengabdi kesana.
Selain lulusan dapat bekerja di Dinas pariwisata, mereka juga dapat mengembangkan destinasi pariwisata di berbagai daerah, baik sebagai tenaga kerja di centra pariwisata maupun sebagai promotor Taman nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). 
“Pusat bromo tengger semeru akan digunakan sebagai lab mahasiswa. Kami terus meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah dan kementrian pariwisata serta industri pariwisata, termasuk telah bekerja sama dengan NTB untuk mahasiswa mengabdi disana,” imbuhnya. (mg3/oci) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...