Belum Lulus, 100 Persen Siswa Sudah Bekerja


MALANG – Belum lulus, 100 persen siswa SMK Tunas Bangsa sudah bekerja di berbagai perusahaan ternama. Ini karena para siswa tidak hanya mempelajari mata pelajaran sesuai jurusan tetapi juga mendapatkan program khusus life skill perhotelan selama menempuh pendidikan di SMK Tunas Bangsa.
Kepala SMK Tunas Bangsa, Drs H Mardjono MSi mengatakan, tidak hanya kelas 12 yang sudah mendapatkan pekerjaan sebelum mereka lulus. Kelas 11 dan 10 pun sudah bekerja dan mendapat tawaran dari berbagai perusahaan rekanan SMK Tunas Bangsa.
“Untuk kelas 11 sudah 100 persen yang mendapat pekerjaan. Sedangkan siswa kelas 10, sebagian sudah bekerja, sebagian mendapat tawaran, namun belum kami terima karena kami ingin mempersiapkan siswa agar mereka benar-benar ready di dunia industri,” ujar Mardjono pada Malang Post.
Program khusus life skill perhotelan sengaja dihadirkan oleh SMK Tunas Bangsa agar para siswa memahami dunia industri dan siap berkiprah di bidang tersebut. Selain itu juga menumbuhkan kemandirian dari dalam diri para siswa.
“Begitu magang dan bekerja di perusahaan tersebut, mereka mendapat penghasilan sendiri. Penghasilan inilah yang mereka gunakan untuk membiayai sekolah dan membeli kebutuhan sehari-hari. Dari sinilah mereka akhirnya bisa membantu orang tua masing-masing,” sambungnya.
 Wakil Kepala SMK Tunas Bangsa, Endah Sri Wahyuni S.Pd menambahkan, saat ini SMK Tunas Bangsa bekerja sama dengan 100 industri di Kota dan Kabupaten Malang. Siswa dan lulusannya pun sudah banyak tersalurkan di industri rekanan. Antara lain Taman Indie Resto, Hawaii Water Park, Dunkin Donut, Miami Fried Chicken, dan Mama Sum Gendut.
“Para siswa yang sedang menjalani program casual (magang), tetap menempuh pendidikan dengan menggunakan metode online. Begitu juga dengan ujian yang dilakukan sekolah, kami sudah menggunakan program online Schoology, sehingga nilai bisa langsung keluar begitu ujian selesai,” terang Endah.
SMK Tunas Bangsa membuka tiga program keahlian, yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Administrasi Perkantoran. Masing-masing siswa di tiga jurusan ini setiap minggunya juga mendapatkan pelajaran lise skill perhotelan untuk menambah kemampuan dan wawasan serta memantapkan mereka agar lebih siap di dunia industri. (sir/nda/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :