Penyerahan Hasil UN Ditunda


MALANG - Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) SMP/MTs ditunda. Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) baru menyerahkan hasil UN ke tingkat provinsi pada Selasa (22/5) besok setelah sebelumnya dijadwalkan 18 Mei lalu.
Dampaknya penyerahan hasil UN di tingkat satuan pendidikan yang sebelumnya dijadwalkan Rabu (23/5) diundur pada Jumat (25/5) mendatang. Informasi ini telah sampai di berbagai kota dan kabupaten, termasuk di Kota Malang.
Namun demikian proses penyerahan nilai UN yang mundur ini tak berpengaruh pada jadwal pengumuman kelulusan, termasuk untuk proses kelulusan. Sebab pengumuman kelulusan untuk 14 ribu siswa SMP/MTs peserta UN di Kota Malang akan dilakukan pada Senin (28/5) sesuai jadwal.
“Saya tidak tahu kenapa, yang jelas itu keputusan BNSP. Yang mundur itu penyerahan nilai UN, kalau pengumuman kelulusan tetap pada 28 Mei. Mundurnya penyerahan hasil UN tingkat SMP tidak ada pengaruh sebenarnya pada kelulusan karena bukan penentu kelulusan,” ujar Kasi Dikmen Dinas Pendidikan Kota Malang, Budiono kepada Malang Post, kemarin.
Budiono melanjutkan dampak lainnya yakni pada agenda rapat kelulusan yang harus segera dilakukan oleh dewan guru. Untuk diketahui hasil UN tidak menentukan kelulusan siswa, karena sepenuhnya ditentukan oleh sekolah.
“Jadi prosesnya jika penyerahan hasil UN pada 25 Mei, tentu ada waktu dua hari untuk dewan guru harus segera melaksanakan rapat kelulusan sebelum pengumuman. Terkait dengan atensi, tentu nilai sekolah (USBN) yang dimiliki siswa harus baik dan lulus. Kelulusan tetap kewenangan sekolah,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala SMPN 5 Malang, Drs Burhanuddin MPd mengaku tidak mempermasalahkan mundurnya jadwal penyerahan nilai UN. Sebab pengumuman kelulusan tetap digelar pada 28 Mei mendatang. Tidak ada yang spesial dari jadwal tahun ini, sebab dirasakan seperti agenda setiap tahun pada umumnya.
“Menurut saya, tidak ada masalah karena pengumuman tetap 28 Mei. Pengumuman setiap tahun begitu, jadi seperti pada umumnya. Terlebih hasil UN tidak menentukan kelulusan karena kewenangan sekolah,” tandasnya.
Di SMPN 5 Malang dari tahun lalu telah menerapkan pengumuman melalui website sekolah juga turut mengundang orang tua untuk menghadiri pengumuman kelulusan. Namun tahun ini, sekolah menerapkan kebijakan untuk tidak mengundang orang tua dan siswa dapat mengakses pengumuman kelulusannya melalui android. (mg3/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...