Darah Atlet dari Orang Tua

 
Sering terkena sayatan pedang hingga berdarah saat latihan tak menyurutkan semangat Alyaa' Nuha Al-Hanuun untuk tetap menggeluti seni beladiri Wushu. Gadis berusia 13 tahun ini menyukai olahraga yang identik dengan pedang dan terbilang ekstrim sejak ia berusia 4 tahun. Ia mulai tertarik ketika melihat mamanya sering latihan bersama sang ayah.
Orang tua Alyaa juga menggeluti bidang yang sama. Santi Dianita, Mama Alya adalah seorang atlet Wushu. Sementara ayahnya adalah pelatih sang mama. Tak heran apabila ia memiliki mental tangguh untuk mendalami bela diri ini.
"Tangan yang biasanya kena pedang sampai berdarah, saya sering mengalaminya namun tidak membuat kapok karena satu sampai dua hari lukanya sudah sembuh," ujar Alyaa, yang juga siswi kelas VIII SMPN 6 Malang.
Ia kerap kali mengikuti perlombaan Wushu tingkat daerah maupun nasional. Selama menjadi seorang atlet Wushu, ia sudah mengumpulkan puluhan medali emas, perak dan perunggu. Sepanjang tahun 2017, Alyaa memperoleh 6 emas 2 perak pada Kejurnas Jeet Kune Do, 2 perak  di Kejurnas Wushu Tradisional Road to Asian Gamesn, 4 emas pada Kejurnas AKTI di Lumajang, 2 emas 1 perak di Kejur Wushu se Jatim Piala  Bupati Sidoarjo, 6 emas 1 perak 1 perunggu di Jambore Nasional AKTI, 4 emas 2 perunggu di Kejurnas Wanoroseto Cup dan 4 emas 2 perak di Machung Wushu Championship.
"Sekarang sedang persiapan ikut Kejurnas Lima Naga Cup pada bulan Juli nanti," ujar murid dari Perguruan Naga Langit ini.
Selama latihan rutin empat kali dalam satu minggu, Alyaa sudah menguasai beberapa jurus seperti chang quan, dhao shu, taiji quan, taiji jian. Biasanya dalam sekali perlombaan Ia akan mengikuti beberapa nomor pertandingan. Selain ikut berdasarkan jurus yang dikuasai, ia juga akan ikut nomor tradisional.
"Selain ikut kejuaraan Wushu, saya sekaligus ikut Kungfu. Bedanya Wushu nomor yang dipertandingkan adalah jurusnya sudah distandarisasi atau dibakukan, sedangkan Kungfu masih mempertandingkan jurus-jurus tradisional," tutupnya. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :