Habibah Azmiyatus Sholihah, Peraih Nilai Tertinggi UN SMP/MTs Malang Raya


MALANG - Belajar maksimal dan berdoa menjadi kunci sukses Habibah Azmiyatus Sholihah, siswa MTs negeri 1 Kota Malang peraih peringkat pertama nilai tertinggi UN SMP/MTs se Malang Raya. Mendapat nilai tertinggi UN, memang menjadi dambaannya.  Namun awalnya ia merasa hal tersebut mustahil.
“Selama pelaksanaan ujian intensitas belajar belum maksimal. Jadi nggak nyangka bisa menjadi peraih nilai tertinggi.  Apalagi pas ujian,  soalnya tidak mudah," ucapnya.
Habibah mengatakan, untuk menghadapi Ujian Nasional tidak ada hal istimewa yang ia lakukan. Baginya,  yang penting belajar dengan rajin,  berdoa dan menyerahkan segalanya kepada Allah.  
"Saya merasa biasa saja,  sama seperti teman-teman yang lain," ungkapnya dengan rendah hati.  
Akan tetapi yang baginya penting untuk tidak ditinggalkan adalah puasa sunnah Senin dan Kamis. Ditambah ibadah sunnah lainnya seperti salat duha dan tahajud.  
"Alhamdulillah, kalau puasa sunnah masih bisa istikomah sampai sekarang," kata dia.
Dalam hal belajar,  ia hanya mengandalkan latihan soal-soal dari berbagai buku mata pelajaran.  Ia juga tak ragu untuk membeli buku baru hanya sekadar untuk berlatih menjawab soal-soal yang ada di dalamnya.  
Putri pertama dari pasangan Moch. Chaqiqi dan Masfufah ini mengungkapkan, bahwa prestasinya menjadi lulusan dengan NUN tertinggi berkat bimbingan guru dan doa orang tua.  Ia juga mengakui,  selama belajar di MTs Negeri 1 Kota Malang,  banyak hikmah yang didapat.  Apalagi selama tiga tahun ini, ia tinggal di Ma'had.
"Karena rumah orang tua di Surabaya, jadi banyak hal yang saya pelajari di sini.  Terutama tentang kemandirian dan tanggungjawab," tuturnya.  
Tak lupa ia menyampaikan terimakasih kepada para guru yang telah membimbing,  mengajar dan mendidiknya selama ini.  
"Hanya bisa mengucapkan terimakasih kepada guru-guru saya atas jasa besar pada kami semua.  Dan kepada adik kelas,  tetap giat belajar dan berlatih untuk mencapai keberhasilan," tukasnya.
Selain nilai UN, siswa-siswi kelas IX MTs Negeri 1 Kota Malang juga memperoleh nilai UAMBN yang bagus. Jumlah nilai tertinggi diraih oleh tiga siswa dengan angka yang sama, yaitu 464. Mereka adalah Aisyah Muti’ah A’abidah, Muhammad Abdillah Roikhan dan Zidhan. Sementara perolehan nilai sempurna UAMBN diraih oleh Maghfiroh Kamila pada mata pelajaran Bahasa Arab. (imm/sir/oci)   

Berita Lainnya :

loading...