Tak Sekadar Lulus, Siswa Harus Berkepribadian Baik


MALANG - SMPK Santa Maria 2 sukses mengantarkan 206 siswa kelas IX lulus 100 persen. Menariknya, siswa di sekolah ini tak hanya dinilai dari hasil UN saja, tapi juga kepribadiannya. Karena itu, sekolah memberikan penghargaan kepada dua siswa yang dinilai memiliki kepribadian paling baik.
Dalam acara pelulusan dan pisah kenang kelas IX Senin, (25/5/18), juga digelar penobatan Siswa Berkepribadian Baik.
Ketua panitia Drs. Albertus M. Depa menjelaskan, penentuan siswa berkepribadian baik dilakukan oleh dewan guru. Penilaian dilakukan menyeluruh terhadap sejumlah siswa yang masuk nominasi.
 “Agar hasilnya objektif maka kami menilai dan menyeleksi mereka dengan angket. Dari awalnya ada 10 nominator, terpilih satu siswa dan satu siswi yang berhak mendapat penghargaan ini,” terangnya kepada Malang Post.
Kriteria paling mendasar untuk ditetapkannya calon siswa berkepribadian baik, diantaranya siswa yang tidak pernah bermasalah dengan tata tertib sekolah. Siswa harus memiliki budi pekerti bagus yang berimbas baik pada hubungannya dengan guru dan teman. “Faktor akademisnya juga ada, tapi lebih dominan karakternya,” imbuh Albert.
Kepada para lulusan, Ia berpesan  agar mereka tetap optimis menghadapi masa depan. Bahwa setiap individu memiliki potensi yang utuh, baik dari segi kepribadian, akademis maupun kreativitas.
“Maka kami berharap para lulusan dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki sehingga menjadi individu yang utuh,” pesannya.
Sementara itu, agar prosesi pelepasan siswa tidak tegang, SMPK Santa Maria 2 memberikan kejutan pada acara yang digelar di Hotel Aria tersebut. Suster kepala Sr. M. Dorothea, SPM, S.Pd yang memandu pengumuman menampilkan prosentase kelulusan yang tidak terduga. Bukan kelulusan 100 persen, melainkan 92 persen. Angka tersebut tertera pada layar utama yang ada di lokasi pelepasan siswa di Hotel Aria.
Angka tersebut sempat membuat orang tua dan siswa kelas IX tegang. Namun tak lama, tampilan layar berubah menjadi angka 100 persen. Sontak, undangan pun bertepuk tangan riuh dan terlihat lega.
"Selamat untuk kalian semua, dengan kelulusan 100 persen," ucap Sr. Dorothea.
Kepada seluruh lulusan ia menyampaikan, guru akan terus mendukung dalam mencapai cita-cita mereka.  
“Jadilah orang-orang yang berguna bagi masyarakat dan bisa menghargai martabat orang lain,  serta jangan lupakan almamater. Semoga keberhasilan yang diraih selama ini menjadi motivasi untuk langkah ke depan,” ungkapnya.  
Selaku perwakikan orang tua, Nugroho menyampaikan terimakasih kepada pihak guru atas jasa mereka dalam mengajar dan mendidik.
"Kami orang tua menyadari,  bahwa mendidik anak-abak zaman now ini tidak semudah mendidik anak pada generasi kami dulu," katanya.  
Nugroho yakin, pendidikan di SMPK Santa Maria 2 merupakan pendidikan yang terbaik di Kota Malang. Terbukti dengan banyaknya siswa yang mencapai nilai 100 pada UNBK tahun ini. Ia pun berharap pendidikan nilai-nilai karakter yang juga diajarkan guru selama ini menjadi modal penting bagi anak di masa yang akan datang.
"Terimakasih Suster. Terimakasih kepada guru guru,  semoga ilmu yang diberikan bermanfaat bagi anak-anak," ucapnya. (mp1/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...