Gabungkan Bambu dan Batik, Desain Maskot Mahasiswa STIKI Juara Nasional


 
MALANG - BUBU, desain maskot karya mahasiswa STIKI Malang menjadi juara 1 dalam lomba Desain Maskot HUT ke sembilan Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. Iman Firmansyah, mahasiswa  Desain Komunikasi Visual STIKI Malang berhasil mengalahkan 100 peserta se-Indonesia dalam lomba tersebut. 
Ada dua unsur yang ditonjolkan Iman, sapaan akrab Iman Firmansyah dalam maskot karyanya. Yakni bambu dan batik sebagai salah satu kearifan lokal Kabupaten Pringsewu. 
“BUBU” merupakan singkatan dari bambu seribu, salah satu kearifan lokal Pringsewu. Saya juga menempatkan unsur batik asli Pringsewu di dalamnya,” ungkap Iman dirilis Humas STIKI Malang.
Lomba Desain Maskot HUT ke sembilan Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung kali ini mengangkat tema Pringsewu Bersahaja. Dari situlah, Iman berfikir kreatif. BUBU adalah maskot berbentuk bambu yang ditambahkan kain batik khas daerah tersebut.
Jika dibandingkan juara kedua dan ketiga, desain maskot karya mahasiswa 21 tahun ini lebih menarik dan elegan. Juara 2 dan 3 hanya menggunakan unsur bambu saja tanpa ada ornamen lain. Sementara bambu yang didesain iman memakai kain batik berwarna kuning yang menawan.
Bersaing dengan ratusan peserta dalam lomba tersebut, tak membuat Iman minder. Justru rasa bangga karena ia bisa memberikan yang terbaik untuk kampusnya.  
“Yang terpenting bisa membawa nama baik Kampus STIKI dan juga membanggakan orang tua juga tentunya,” tegasnya.
Sebelumnya Iman juga mendapat juara III dalam Sayembara Desain Maskot KPUD Bondowoso 2018.
"Di STIKI, saya bisa belajar banyak hal. Terimakasih karena STIKI sudah memberikan ilmu dan kesempatan yang bermanfaat khususnya di prodi DKV. Sehingga ilmu saya bisa diterapkan. Terutama para dosen DKV yang sudah banyak membimbing dalam proses belajar mengajar, dan yang paling penting doa orang tua," ujarnya panjang lebar.
Iman adalah salah satu mahasiswa terbaik di STIKI Malang. Selain prestasi, ia juga aktif dalam berbagai kegiatan. Mahasiswa kelahiran Bandung ini ikut dalam program pemberdayaan UMKM dengan tajuk Pahlawan Digital.
Program ini membantu pelaku UMKM untuk lebih fasih menggunakan teknologi dan digital dalam memasarkan produk mereka. (oci/sir)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...