Aksi Alumni untuk SDN Kotalama 1


MALANG - SDN Kotalama 1 beruntung memiliki alumni yang peduli dengan almamater. Seperti terlihat pada Jumat, (1/6), sejumlah alumni melakukan temu kangen dan santunan di sekolah. Mereka memberikan bingkisan dan uang kepada 28 siswa yang merupakan anak yatim piatu.
Ketua Pelaksana H. Sofyan Arif, mengatakan, kegiatan temu kangen ini diadakan di sekolah supaya lebih mengenal dan memperkuat kembali tali silaturahmi, baik dengan sesama alumni maupun dengan guru yang mengajar di SDN Kotalama 1.
“Alhamdulilah, setelah kurang lebih 27 tahun tidak bertemu akhirnya bisa kembali dipertemukan dalam kegiatan temu kangen dan buka bersama dengan anak yatim yang ada di sekolah,” ujar Sofyan.
Di sisi lain, kegiatan temu kangen juga bertujuan untuk membantu anak-anak yatim yang ada di sekolah, sehingga dengan kepedulian dari para alumni inilah mereka bisa merasakan kebahagiaan yang sama seperti yang lain. Selain itu, kegiatan yang kali pertama digelar ini bisa menjadi motivasi yang lain untuk saling berbagi khususnya kepada adik-adik kelasnya.
“Kegiatan ini baru pertama, sehingga nanti ke depannya kami berharap bisa berkembang lagi dan acaranya bisa dikemas lebih besar dan menarik,” terangnya.
Dalam temu kangen pertama ini tidak hanya alumni yang ada di Kota Malang saja melainkan beberapa alumni yang sudah tinggal di luar kota juga menyempatkan datang. Karena bagaimanapun mereka pernah belajar di sekolah tersebut sehingga ketika sudah menjadi orang sukses tidak melupakan begitu saja tempat menempuh ilmu saat masih SD.
“Selain temu kangen sesama teman kami juga ingin berbagi kepada adik-adik kelas saat ini serta para guru supaya mereka lebih semangat untuk belajar dan mengajar di sekolah,” ungkap Sofyan.
Kegiatan ini digagas alumni angkatan 1990 SDN Kotalama 2. Seperti diketahui, SDN Kotalama 1 merupakan sekolah merger dari SDN Kotalama 1,2 dan 3.
Sementara itu, Kepala SDN Kotalama 1, Isnaeni, S.Pd, M.Pd, menambahkan, dari total jumlah 505 siswa dimana rata-rata masyarakat menengah sehingga adanya respon dari para alumni untuk membantu para siswa ini tentu sekolah sangat bersyukur.
“Kepedulian para alumni paling tidak bisa membantu siswa, meringankan beban anak yatim yang membutuhkan apalagi di bulan suci Ramadan, dengan adanya bantuan seperti ini mereka juga bisa berbahagia seperti anak yang lain,” ujar Isnaeni.
Selain itu, diharapkan pula adanya alumni memberikan motivasi kepada siswa untuk meraih kesuksesan dan semangat dalam menempuh pendidikan. Tak hanya itu, apabila peserta didik di SDN Kotalama 1 ini ada yang kurang mampu namun memiliki prestasi yang bagus, para alumni diharapkan bisa ikut serta membantu.
“Meskipun lingkungan sekolah kami seperti ini, namun banyak lulusan kami yang bisa meraih kesuksesan, ada yang jadi dokter, dosen, pengusaha, dan lain sebagainya, ini juga bisa memberikan semangat tersendiri bagi siswa,” ujarnya. (mg7/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :