SD Muhammadiyah 4 Bentuk Karakter, Kenalkan Sepuluh Kata Ajaib


MALANG - SDM muhammadiyah 4 Kota Malang membiasakan siswanya berkarakter baik melalui 10 Kata Ajaib. Kata-kata tersebut wajib dipakai dalam keseharian siswa baik di rumah maupun di sekolah.
Kepala SD Muhammadiyah 4, Hana Ayundah, S.Pd mengatakan, Sepuluh Kata Ajaib, merupakan sepuluh kata yang akrab diutarakan dalam pergaulan sehari-hari. Seiring dengan berjalannya waktu, konsep ini menjadikan siswa semakin termotivasi untuk terus menjadi lebih baik. Yaitu salam, permisi, maaf, terimakasih, In Syaa Allah, Subhanallah, Masyaa Allah, Bismillah, Alhamdulillah dan Allahu Akbar.
“Sepuluh kata ajaib ini mampu menyeimbangkan spiritual, sosial dan intelektual anak,” terang Hana.
Menurutnya, jika kata-kata tersebut akrab di lisan siswa, maka karakter mereka menjadi bagus. Dalam prakteknya, guru sebagai teladan mengimplementasikan langsung. Jika ditemukan ketidaksesuaian sikap siswa dengan rumusan kata ajaib ini, maka guru langsung mengambil sikap untuk melakukan pembinaan. “Ini bagian dari proses pembiasaan sehingga menjadi budaya di lingkungan sekolah yang diharapkan dapat berimbas ke rumah,” tambahnya.    
Selain itu, program andalan lainnya adalah 18-20.
“Dua program ini sudah lama kami jalankan. Hasilnya sangat luar biasa, begitu banyak perubahan positif pada diri anak,” ujarnya.
Program 18-20, lanjut Hana, lebih mengutamakan andil dan peran serta orang tua di rumah. Artinya mulai pukul 18.00 sampai 20.00 WIB, orang tua dan anak bebas dari tontonan telivisi dan gadget. Harapannya agar hubungan kedua pihak semakin dekat dengan belajar dan bercengkrama bersama.
“Ini berkaitan dengan emosi, karena keberadaan keluarga harus mampu membangun kejiwaan anak sehingga tidak ada penyimpangan perilaku,” jelasnya.
Dua program tersebut, kata dia, sangat efektif membangun moral dan mentalitas siswa. Program pendidikan penguatan karakter dapat diimplementasikan dengan konsep ini tanpa mengenyampingkan penguatan siswa di bidang akademis. “Jika anak pintar secara akademis tanpa diimbangi dengan karakter yang luhur, maka kemungkinan besar menjadi pribadi yang sombong. Pada dasarnya kemampuan akademik itu mudah, jika karakter telah tertanam kuat,” tuturnya.
Dalam menjalankan tugas pendidikan, para guru semakin optimis. Apalagi SD Muhmmadiyah 4 kini telah memiliki kampus 2 yang lokasinya lebih tenang dan nyaman. SD Muhammdiyah 4 Kampus 2 berada di Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru, tepatnya berada di komplek perumahan Puskopat.
Meskipun berada di wilayah Kota Malang, lingkungan sekolah ini jauh dari keramaian dan kebisingan sehingga dapat menjadikan siswa lebih konsentrasi belajar dan beribadah. Lengkap dengan taman dan hutan sekolah dengan berbagai macam jenis flora. “Kami juga punya tanaman langka seperti buah merah papua, juwet dan sebagainya. Ada juga jenis bunga anggrek dan sayuran. Semuanya bisa dimanfaatkan terutama untuk media belajar anak-anak,” paparnya. (mp1/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :