Jaring Prestasi, SMP Dibagi Berdasar Cluster


MALANG - Sejumlah aturan baru akan dijumpai dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD/SMP. Aturan tersebut masih akan dimatangkan dalam peraturan wali kota (Perwal) yang disiapkan dalam beberapa hari ke depan.
Salah satunya, Kota Malang akan menyiapkan clusterisasi untuk pengembangan bakat non akademik siswa. Seluruh SMP Negeri akan mewadahi beberapa potensi akademik khusus demi meningkatkan kompetensi siswa.
“Dalam beberapa hari ke depan Perwal akan siap, yang di dalamnya akan mengatur petunjuk teknis PPDB tahun 2018,” ungkap Kasi Dikmen Dindik Kota Malang Budiono.
Sesuai jadwal, PPDB SMP akan dimulai besok, (6/6/18), dengan jalur prestasi. Di jalur ini, seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor dan hasil ujian nasional (UN). Berkas yang dibutuhkan yakni sertifikat pendukung bagi jalur prestasi dan ada memakai kartu KIP serta KK untuk jalur wilayah.
“Sistem perangkingan berdasarkan nilai raport 20% dan UN 80%. Arahnya nanti juga seperti SMA, sekolah akan menerima bidang prestasi masing-masing yang diharapkan siswa dapat terbina maksimal,” tutup Budiono
Sementara itu, Kepala SMPN 27 Suliono S.Pd, M.Pd menuturkan, persentase jalur prestasi masih minim, yakni 35% saja.
“Saya merasa jalur prestasi persentasenya masih sedikit di setiap sekolah. Hal ini berdampak pada sekolah pinggiran, seperti SMPN 27 Malang. Seandainya lebih merata, maka akan semakin kompetitif peserta didiknya,” ujarnya.
Suliono menambahkan, jalur kewilayahan dengan persentase 60% pelaksanaannya sangat membantu bagi calon siswa untuk dapat mendaftar ke sekolah yang lebih dekat. Namun kenyataannya, tak banyak peserta didik mau mendaftar di sekolah pinggiran dengan akses yang terbatas untuk angkutan umum. Regulasi tahun lalu yakni jalur reguler termasuk prestasi 35% bagi siswa dalam kota Malang dan 5% bagi siswa di luar Malang, sedangkan 60% untuk jalur kewilayahan.
“Kebijakan mengutamakan wilayah sangat membantu bagi SMPN 27 juga. Namun dari segi prestasi, kami berharap kebijakan jalur prestasi dapat meningkat serta sistem PPDB tahun ini akan bisa lebih baik dari tahun lalu,” ungkapnya. (mg3/oci)

Berita Lainnya :