Sukses, Gema Ramadan MIN Malang 1


MALANG - Ribuan paket takjil dibagikan siswa-siswi MIN 1 Kota Malang kepada pengguna jalan Bandung. Paket takjil juga dibagikan kepada warga sekitar madrasah, tukang becak, supeltas, pos polisi dan instansi relasi madrasah. Kegiatan bagi takjil dilakukan selama tiga hari, (30-31/5) dan (2/6). Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, setiap momen Gema Ramadan, MIN 1 Kota Malang turut berbagi berkah kepada kaum muslimin.
Waka Kesiswaan MIN 1 Kota Malang Nanang Sukmawan, S.Pd M.PdI mengatakan, bagi takjil diutamakan kepada masyarakat pengguna jalan Bandung yang berada di depan madrasah.
“Setidaknya ini bagian dari bentuk perhatian kita kepada masyarakat karena hampir setiap hari mungkin terganggu dengan kemacetan di Jalan Bandung,” ucapnya.
Setiap hari, ada lebih dari 1500 paket takjil yang dibagikan. Berupa makanan kering dan basah serta minuman kemasan atau buatan orang tua. “Alhamdulillah respon orang tua begitu luar biasa. Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi orang tua siswa yang hendak bersedekah di bulan Ramadan,” imbuhnya.
Gema Ramadan dimulai sejak menjelang masuknya bulan puasa. Pada 15 Mei lalu, siswa-siswi MIN 1 Kota Malang menggelar pawai Ramadan lengkap dengan spanduk dan bermacam poster. Selanjutnya, ada kegiatan penyaluran zakat fitrah yang dilaksanakan pada, Senin (4/6) kemarin.
“Tidak hanya zakat fitrah, tapi juga zakat maal maupun sodaqoh yang akan kita salurkan ke panti asuhan. Termasuk warga lingkungan madrasah, seperti loper koran, tukang parkir, tukang becak dan warga miskin lainnya,” papar Nanang.
Selama bulan Ramadan, para siswa juga dibekali buku pantauan santri. Fungsinya sebagai media kontrol aktivitas siswa, mulai ibadah wajibnya seperti salat dan puasa, maupun ibadah sunnah seperti salat tarawih dan tadarus Alquran. Temasuk kegiatan salat ied dan silaturrahim usai ibadah puasa. “Karena untuk tahun ini guru tidak bisa memantau secara intensif seperti tahun lalu, sebab bersamaan dengan pelaksanaan ujian, maka butuh buku pantauan,” tuturnya. (imm/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...