Multiple Hunters, Buku Karya Mahasiswa UM Ajak Berpikir Kritis Lewat Cerita


MALANG - Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) menerbitkan buku cerita bergambar. Melalui program kreativitas mahasiswa (PKM) Kewirausahaan, buku berjudul Multiple Hunters ini dibuat untuk merangsang anak mampu berpikir kritis.
“Multiple Hunters hadir sebagai solusi untuk menyediakan bahan baca, menumbuhkan minat baca anak, serta melatih kemampuan anak untuk berpikir kritis,” ungkap Ketua Tim PKM-K Ike Karunia S.
Daya tarik dari buku cerita ini adalah tokoh “Dori-Mori” yang digambarkan cantik dan menarik. Sehingga berpeluang menjadi salah satu ikon industri kreatif Indonesia. Tak hanya itu, naskah cerita dibuat oleh penulis yang mumpuni di dunia kepenulisan terutama bidang kepenulisan fiksi. Selain itu tulisan-tulisan yang diangkat juga melalui proses penelitian pengembangan yakni melalui uji lapangan dan uji ahli.
Ike membeberkan, buku ini mengacu kepada tiga keterampilan dari empat keterampilan berpikir kritis, yakni trigger event (cepat tanggap terhadap peristiwa), exploration (eksplorasi), integration (integrasi). Multiple Hunters berisi cerita imajinatif. Bahan pembuatan kisah ini bersumber dari keadaan sosial dan menelaah kembali kebenaran hal tersebut. Pembuatan cerita disesuaikan dengan kajian ilmu bahasa, kaidah prosa, dan analisis perkembangan peserta didik.
Menariknya lagi, produk dari Mutiple Hunters tidak hanya berhenti di usaha cerita bergambar saja namun juga merchandise keluarga dan baju anak.
“Dengan adanya cergam ini, diharapkan menjadi salah satu penyumbang ikon “Dori-Mori” industri kreatif Indonesia, menyediakan bahan ajar bermutu bagi, guru dan merintis jejaring pemasaran industri kreatif berbasis kearifan lokal,” tegasnya.
Ia menjelaskan, cerita dalam buku Multiple Hunters adalah cerita fantasi yang memuat perjalanan waktu dua tokoh utama ke masa lalu dan ke masa depan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Cerita fantasi adalah salah satu teks yang kini diperkenalkan dalam kurikulum 2013 karena dinilai lebih imajinatif untuk meningkatkan kreativitas dan dinilai lebih mendidik daripada cerita dongeng dan fabel.
Tim PKM-K Multiple Hunters beranggotakan mahasiswa Fakultas Sastra yakni Intan Listyaning Putri, Mega Selviyah, Ike Karunia Safitri dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Evi Dwy Tasari. Tim mendapat bimbingan dosen Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd. Buku yang dibuat oleh Mahasiswa Fakultas Sastra UM ini sudah dapat dipesan melalui  shopee, instagram @multilpe_hunters18 . Buku Multiple Hunters diharapkan dapat menyediakan bahan bacaan selain buku pendidikan formal khususnya untuk anak SD dan SMP, menyediakan media pembelajaran bagi guru, serta menyediakan tokoh atau karakter bagi industri kreatif Indonesia. (oci/sir)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...