Siswa SMKN 3 Ikuti Pondok Ramadan di Masjid Jami’


MALANG - Waktu senggang usai mengikuti ujian semester, dimanfaatkan siswa SMKN 3 Kota Malang memperdalam ilmu agama dengan mengikuti kegiatan Pondok Ramadan. Kemarin, di Masjid Agung Jami’ para siswa terlihat sangat antusias. Mereka tak sekadar diajari tentang fiqih, tapi juga mendapat materi tentang problematika anak muda. Materi problematika anak muda itu disampaikan Ustad Sony Fauzy, M Ag, dosen UIN Maliki Malang.
Kegiatan Pondok Ramadan itu digelar selama dua hari, mereka mengikuti kegiatan mulai pukul 08.00 - 12.30. “Yang ikut kegiatan ini adalah siswa kelas X dan kelas XI,” kata Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Malang, Dra Faizah M Pd.
Dia mengatakan, kegiatan pondok Ramadan yang digelar ini bertujuan untuk menambah ilmu, wawasan siswa tentang ilmu agama Islam. Lantaran itu, selama kegiatan berlangsung, para siswa pun wajib mendengarkan dengan detail materi yang disampaikan. “Kegiatan pondok Ramadan ini sebetulnya rutin kami gelar. Tapi seringnya kami menggelar di sekolah, baru beberapa tahun ini kami menggelar di Masjid Agung Jami’,” katanya.
Dia berharap hasil dari kegiatan pondok Ramadan ini, para siswa dapat meningkatkan keimanan, serta mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dari  ini dalam kehidupan sehari-hari.
Kepada Malang Post, Faizah mengucapkan terima kasih kepada takmir Masjid Agung Jami’ yang sudah memberikan kesempatan siswa SMKN 3 Kota Malang belajar dan memperdalam ilmu agama melalui kegiatan Pondok Ramadan ini.
Sementara fasilitator Pondok Ramadan Masjid Agung Jami’, Irhamatul Jariyati mengatakan, selama Ramadan tahun ini sudah menggelar tiga kali pondok Ramadan. Rencananya, kegiatan ini akan terus berlanjut. “Dalam kegiatan pondok Ramadan, siswa diajari ilmu fiqih, mengaji, serta materi aqidah, yang disampaikan nara sumber yang berkompeten. Hari ini materi akidah dengan tema Problematikan Kehidupan Remaja (dalam kajian akidah dan ahlak yang disampaikan Ustadz Sony Fauzy,” kata Irma, seraya menambahkan jika kegiatan diawali dengan salat Dhuha, dilanjutkan dengan belajar mengaji, dan materi aqidah.
Alwiyah Muhsin Assegaf, salah satu siswa SMKN 3 Kota Malang mengaku senang mengikuti kegiatan pondok Ramadan. Meskipun bukan kali pertama pondok Ramadan diikuti, tapi dia mengaku tetap bersemangat. “Karena seru, materi yang disampaikan nara sumber tidak membosankan,” kata Warda panggilan akrab Alwiyah Muhsin Assegaf kepada Malang Post kemarin. (ira/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :