Prof Nuhfil Fokus Kejar Peringkat UB


MALANG - Meski jabatan Prof Dr M Bisri sebagai rektor UB berakhir 8 Juni besok, namun hingga kemarin belum ada kepastian tanggal Prof Dr Nuhfil Hanani sebagai rector terpilih.
“Sampai saat ini belum tahu tanggalnya. Nanti rencananya saat pelantikan ditemani sama istri. Alhamdulillah keluarga menyupport, sebagai rektor terpilih merupakan amanah yang diterima dari civitas UB. Umur saya mau 60, yang mau saya cari, setidaknya saya memiliki sesuatu untuk bangsa dan negara,” ujarnya saat ditemui Malang Post.
Nuhfil sapaan akrabnya, bertekad akan menjalankan kewajibannya dengan sebaik-baiknya sesuai mandat. Sementara itu, memo akhir jabatan dari rektor UB Prof Dr Ir Moh Bisri belum kunjung diterimanya. Hal inilah yang membuat Nuhfil belum memastikan langkah terkait rasio jumlah mahasiswa UB tahun depan sebagai salah satu programnya.
“Saya belum terima memo akhir jabatan dari pak rektor, terpenting apa yang menjadi program pak rektor saya jalankan, kalau perlu saya percepat. Nanti saya akan rundingkan dengan seluruh dekan, akan ditambah atau dikurangi,” ungkapnya.
Selama penyampaian visi misi hingga menjadi rektor terpilih, Nuhfil mengaku berfokus pada rangking UB agar terus meningkat. Sehingga akan berdampak pada reputasi perguruan tinggi yang diperhitungkan baik di Indonesia maupun secara internasional. Kelemahan Brawijaya saat berada di rangking delapan adalah kualitas SDM, riset serta publikasi. Terlebih, pada kepemimpinan Nuhfil hingga 2022 nanti, Kemenristekdikti menyiapkan renstra era daya saing Asia yang harus dicapainya.
“Saya melihat fakultas pertanian sendiri, kami sudah bekerjasama dengan 18 perguruan tinggi asing. Ada dua dosen asing yang dikontrak selama satu tahun dan 12 dosen asing lainnya dikontrak sementara. Untuk meningkatkan reputasi UB kita juga perlu saling tukar menukar mahasiswa dan dosen, termasuk mengontrak dosen asing,” tandasnya.
Sementara itu, Ketua Panitia PILREK UB 2018, Prof. Iwan Triyuwono, saat dihubungi Malang Post mengaku hingga kini juga masih belum tahu pasti tanggal pelantikan rektor terpilih.
“Belum ada tanggal yang pasti dari Dikti, kemungkinan setelah lebaran. Pelantikannya biasanya di Jakarta,” imbuh Iwan singkat. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...