Polinema Siapkan Kelas Internasional


MALANG – Polinema akan membuka kelas internasional pada dua prodi jenjang D4 yakni teknologi informasi dan akuntansi. Polinema menyiapkan kuota untuk masing-masing prodi sebanyak 20 mahasiswa asing. Kedua prodi ini dinilai siap membuka kelas internasional tersebut karena SDM dosen yang mumpuni.
“Dengan menghadapi persaingan global, kita harus siap go internasional, salah satunya dengan cara menerima mahasiswa asing dan saat dirapatkan, prodi teknologi informasi dan akuntansi siap untuk membentuk kelas internasional,” ujar Direktur Polinema, Drs Awan Setyawan MM kepada Malang Post.
Menurut Awan, faktor utama prodi dapat membuka kelas internasional dilihat dari segi SDM. Dosen pengajar pada prodi teknologi informasi dan akuntansi dinilai mumpuni karena merupakan lulusan S3 dari perguruan tinggi luar negeri. Sementara itu, dalam hal sarana dan prasarana, Awan tidak terlalu ambil pusing, sebab akan terus berkembang sesuai kebutuhan.
“Jika kelas internasional otomatis bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Dosen kedua jurusan tersebut lulusan S3 nya luar negeri semua, sehingga dalam hal persiapan SDM tentu lebih unggul, soal sarpras sudah jalan menyesuaikan,” ulasnya.
Selama ini kerjas ama internasional telah dijalankan Polinema dengan beberapa negara mulai dari Taiwan, Politeknik Singapura, dan Jepang. Bentuk kerjasamanya berupa pertukaran mahasiswa dan pertukaran dosen dalam kurun waktu satu bulan yang terdiri dari dua minggu di Polinema dan dua minggu di perguruan tinggi asing. Dalam penerapan kelas internasional nanti, perkuliahan di Polinema dijalankan dengan sistem two plus two, artinya mahasiswa asing selama dua tahun akan kuliah di Polinema dan dua tahun sisanya akan kembali kuliah di perguruan tinggi di negara asal.
“Mahasiswa asing kelas internasional diseleksi dari mereka yang mendapatkan beasiswa dari Dikbud berupa program Bahasa Indonesia bagi penutur Asing (BIPA) di Indonesia. Mahasiswa akan difasilitasi dengan bebas UKT dan mendapat living cost per bulannya,” imbuh Awan. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :