UMM Sehatkan BPR Rinjani


MALANG - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus berupaya mengembangkan unit usaha. Hingga sampai saat ini, lini usaha yang banyak diketahui umum yakni Bengkel Mobil, Taman Sengkaling, UMM Inn, Book Store, Rumah Sakit, UMM Medical Center, dan beberapa infrastruktur berbasis bisnis.
Yang terbaru dikembangkan oleh UMM yakni Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Rinjani. Bank ini di take-over oleh UMM sejak tahun 2015 dengan menelan dana sekitar Rp 4 miliar.
“Kalau ada yang tidak sehat ya disehatkan, BPR Rinjani saat ini masih dalam proses penyembuhan,” ujar Rektor UMM, Drs. Fauzan, M.Pd kepada Malang Post ditemui di sela acara buka bersama, Selasa lalu.
Dari keseluruhan unit usaha yang dimiliki oleh UMM, total mampu memberikan kontribusi sebesar 20 persen dari anggaran. Bila diperhitungkan secara terperinci belum bisa dikatakan untung, namun secara operasional sudah memberikan keuntungan.
Unit usaha yang digalakkan oleh UMM ini lantaran sebagai perguruan tinggi swasta seluruh biaya operasionalnya bertumpu kepada mahasiswa. Untuk itu banyaknya usaha yang dikembangkan bisa digunakan untuk mengurangi kontribusi mahasiswa sehingga dengan usaha-usaha inilah mampu memberian kontribusi terhadap biaya operasional pendidikan.
“Saat ini kami belum ada rencana untuk membuka unit usaha baru, kami masih konsentrasi untuk merenovasi UMM Inn (hotel),” ujarnya.
Ia melanjutkan, UMM ingin mengembangkan hotel termasuk sekarang ini sedang dalam proses merenovasi hotel di Taman Sengkaling. Hotel ini diperkirakan akan mulai beroperasi setelah Hari Raya Idul Fitri.
“Jadi nanti di dalam Taman Sengkaling akan ada hotelnya. Selain itu kami juga sedang mengembangkan UMM Inn,” terang Fauzan.
Pengembangan UMM Inn ini yakni penambahan jumlah kamar dari awalnya 50 kamar menjadi 165 kamar. Bila sesuai harapan, renovasi kamar akan selesai pada pertengahan 2019 nanti. Banyaknya unit usaha yang dimiliki kampus secara otomatis akan mampu menyerap tenaga kerja baik dari luar maupun bagi lulusan UMM sendiri. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :