PPDB Prestasi, Pilih Sekolah Sesuai Bakat


MALANG – Penyerahan sertifikat atau piagam penghargaan untuk jenjang SMP akan dimulai, Kamis (7/6) hingga Jumat di Dinas Pendidikan Kota Malang. Selanjutnya, Dindik memverifikasi sertifikat tersebut dan akan diumumkan tanggal 9 Juni mendatang.
Sertifikat yang telah diverifikasi tersebut siswa diharapkan mendaftar jalur online sesuai apa yang telah ditetapkan. Calon siswa ini juga diharapkan mendaftar di sekolah sesuai dengan keahlian dan mendekatkan tempat tinggal dengan sekolah yang dituju serta nilai yang dimiliki.
“Misalkan mereka memilih prestasi sepak bola namun nilainya kurang bagus mintanya ke SMPN 1 Malang, dan rumahnya di Kedungkandang, nah itu kami arahkan untuk ke sekolah yang tidak mengikuti perangkingan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM.
Sayangnya, hingga kemarin belum ada rincian bakat apa yang bisa diterima di tiap sekolah. Pembagian tersebut akan ditentukan dalam peraturan wali kota tentang PPDB 2018.
Lebih jauh Ida, panggilan akrab Zubaidah menuturkan, sertifikat untuk mendaftar PPDB SMP jalur prestasi minimal harus tingkat provinsi, diperbolehkan menggunakan tingkat kota dengan syarat proses yang dilaluinya berjenjang dan adanya pembinaan. Hal ini lantaran kejuaraan tersebut merupakan pilihan mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.
Sementara itu, menjelang pendaftaran PPDB SMP sekolah telah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk berbagai informasi yang dibutuhkan siswa untuk mendaftar. Seperti yang dilakukan SMPN 4 Malang
“Petunjuk teknis belum ada, tapi kami sudah menyiapkan berdasarkan draft PPDB yang telah kami terima terutama untuk pendaftaran jalur zonasi, yang kami persiapkan berkaitan dengan sekolah saja, termasuk informasi alur pendaftaran dll,” kata Kepala SMPN 4 Malang, Drs. Hari Subagiyo, M.Pd.
Pendaftaran jalur zonasi diharapkan dilakukan di sekolah untuk mengetahui bisa tidaknya siswa tersebut mendaftar di sekolah tertentu. Karena yang menjadi prioritas adalah radius 500 dan 200 meter, selebihnya tetap mengikuti seleksi berdasarkan nilai yang ada. Radius 500 meter diutamakan bagi siswa tidak mampu sedangkan radius 200 meter untuk keduanya.
Seleksi yang dilakukan berdasarkan nilai tertinggi, sistem yang akan secara otomatis menyeleksi. Sedangkan untuk jalur prestasi SMPN 4 Malang akan menerima bidang seni tradisi dan OSN sebanyak satu kelas. Apabila tidak terpenuhi, maka akan diambilkan dari jalur regular dengan melalui proses seleksi, tidak harus yang backgroundnya seni namun sekolah lebih mengarah ke pembinaan untuk mengembangkan potensinya.
“Kami sudah siap untuk PPDB tahun ini dan sudah menetapkan akan menerima 9 kelas setiap kelasnya terdiri dari 32 siswa, Bahkan ketika nanti juknis sudah disahkan maka tim PPDB kami langsung sigap bergerak,” pungkasnya. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...