Hari Pertama PPDB Prestasi Diserbu Ratusan Pendaftar

 
MALANG – Ratusan pendaftar mulai menyerbu jalur prestasi masuk SMP. Penyerahan sertifikat penghargaan dilakukan sejak 7 Juni lalu di kantor dinas pendidikan Kota Malang. Sekitar 130 peserta sudah menyerahkan sertifikatnya untuk diverifikasi yang kemudian bisa digunakan untuk mendaftarkan diri ke jenjang SMP Negeri pada jalur prestasi.
Sertifikat yang diserahkan mulai dari tingkat kota hingga nasional yang pernah diraih oleh siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar di SD. Sertifikat tersebut bisa dari bidang akademik, olahraga, seni budaya dan keagamaan, pramuka, serta jenjang dan tingkat kejuaraan.
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang, Drs. Totok Kasianto, di hari pertama masyarakat Kota Malang sudah banyak yang mengajukan sertifikat, bahkan sudah ada ratusan orang yang menyerahkan, ini menandakan siswa Kota Malang memiliki banyak prestasi.
“Untuk bidang apa saja sertifikatnya itu kami belum tahu karena harus diverifikasi dulu kemudian akan diumumkan tanggal 22 Juni mendatang,” ujar Totok.
Ia melanjutnya, proses seleksi akan dilakukan oleh tim dari Dinas Pendidikan tanpa adanya perangkingan atau skor. Namun yang menjadi pertimbangan yakni sertifikat yang diterima yakni sesuai yang disebutkan diatas.
“Kalau sudah memenuhi syarat itu sertifikatnya ya kami terima, kecuali kalau juara kota atau kabupaten ya tidak bisa, harus juara resmi dari kegiatan yang diadakan oleh pemerintah,” tegasnya.
Sementara itu salah satu orang tua siswa, Nimas Okta berharap, anak kembarnya bisa masuk ke SMPN 4 Malang. Prestasi yang pernah diraih oleh anaknya yakni bidang keagamaan dan seni.
“Karena kembar, saya membawa dua-duanya mulai dari sertifikat kejuaraan bidang keagamaan dan seni, ada yang lomba fashion show, menggambar, kaligrafi, cerdas cermat, pramuka dan pildacil,” ujar Nimas.
Ia berharap anak kembarnya tersebut bisa diterima sekolah yang diinginkan yakni SMPN 4 Malang. Memilih sekolah tersebut lantaran jarak tempat tinggal dengan sekolah tersebut sangat dekat. Namun Ia akan terus berusaha untuk bisa diterima.
“Anak saya dari SDN Sumbersari 1, namanya orang tua berharap yang terbaik untuk anaknya, semoga jalur ini bisa menjadi hoki buat kedua anak saya. Saya optimis saja semoga diterima meskipun saingan banyak sudah ratusan anak,” imbuhnya. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...