Lulusan Unggul, Pendidikan Karakter dan Literasi Jadi Andalan

 
MALANG - Rabu (6/6), siswa-siswi kelas VI SD Muhammadiyah 9 Jenderal Sudirman mengikuti acara Pisah Kenang di Hotel Kartika Graha. Para lulusan tahun pelajaran 2017-2018 tersebut, kini akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berbekal pengetahuan, keterampilan dan akhlakul karimah, yang telah dipelajari selama enam tahun di SD Muhammadiyah 9, mereka siap bersaing di tingkat SMP/MTs. 
Waka Kesiswaan SD Muhammadiyah 9, Arip Hidayat, M.PdI mengatakan, dimana pun para lulusan melanjutkan studinya,  harus tetap berpegang teguh pada ajaran Islam.  Terutama dalam hal bersikap dan menjalankan perintah syariat.  
"Kami tegaskan jangan sampai meninggalkan salat. Salatlah tepat waktu dan junjung tinggi budi pekerti yang luhur, " ucapnya. 
Arip mengatakan,  selama di SD Muhammadiyah 9 siswa diajarkan banyak hal.  Termasuk pendidikan agama maupun umum.  Pihaknya yakin, para lulusan mampu bersaing dengan yang lain. 
"Harapan kami apa yang telah guru berikan pada mereka, dapat terus dikembangkan di jenjang yang lebih tinggi," katanya.
Melalui pendidikan karakter dan program literasi yang selama ini diimplementasikan,  lulusan SD Muhammadiyah 9 diharapkan mampu menjadi pelajar yang unggul. Arip menjelaskan, karakter siswa dikuatkan dengan program keagamaan. Mulai pagi dengan aktivitas ibadah seperti salat dhuha dan ta'limul quran, hingga penanam akhlak. 
Sementara literasi, ada porsi tersendiri dalam mendidik siswa agar terampil menulis dan membaca. Setiap harinya ada alokasi waktu untuk siswa berliterasi. 
"Kami yakin generasi bangsa akan semakin cerdas dan berwawasan luas jika rajin menulis dan membaca," ujarnya.
Kepada para lulusan, Arip berpesan agar tetap istikomah dalam menjalankan perintah agama sesuai ajaran Rasulullah. Kebiasaan baik yang telah dibangun selama di SD, tetap dipertahankan.
"Teruslah belajar untuk meningkatkan keilmuan baik di bidang agama maupun umum," pesannya.
Sementara itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Blimbing Drs. Bambang Mulyadi merasa bangga akan keberhasilan yang telah dicapai kelas VI. Ia menilai keberhasilan tersebut juga merupakan keberhasilan guru dan orang tua.
"Terimakasih ustad dan ustadzah serta orang tua, yang telah mengantarkan anak-anak meraih keberhasilan," ungkapnya. 
Ia menambahkan, tahun ini SD Muhammadiyah 9 mengukir prestasi luar biasa. Sekolah di Jalan Tumenggung Suryo ini meraih peringkatan ke 41 dari 273 SD se Kota Malang. Serta menjadi peringkat delapan besar di Kecamatan Klojen. Secara  individu, siswa SD Muhammadiyah 9 peringkat empat besar di tingkat kecamatan. 
"Kami berharap lulusan SD Muhammadiyah 9 menjadi bintang-bintang yang mengiklankan lembaga Muhammadiyah pada khususnya, dan menjadi bintang Islam pada umumnya," harap Bambang.
"Untuk itu kepada lulusan kami berpesan jagalah salat, tekunlah membaca Alquran dan  pertahankan akhlak yang bagus," sambungnya. (mp1/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :