SDN Gadang 4 Siaga Terbaik Sukun


MALANG - Sebagai ekstrakurikuler wajib, Pramuka digarap serius SDN Gadang 4. Terbukti, empat siswanya masuk dalam seleksi calon pramuka garuda siaga, pramuka tingkat siaga terbaik di Kwartir Ranting  Sukun.
Empat siswa yang semuanya duduk di kelas empat tersebut adalah Aqila Ribby Zufro, Rizky Kumaira, Alimatiz Zahra Ramadhani dan Putri Marwah. Mereka  dinilai telah memenuhi kecakapan sesuai dengan materi di tingkat siaga, diantaranya kekeluargaan, keagamaan, gotong royong dan lainnya. Untuk unsur agama di tingkat tersebut, misalnya, siswa dikenalkan kembali tata cara beribadah dan membantu orang tua.
"Intinya, anak-anak dikembalikan ke masa sesuai dengan usianya, yaitu usia bermain. Jadi sebagian materinya dikemas dalam bentuk permainan dan pengenalan permainan," urai Pembina Pramuka SDN Gadang 4, Habibullah Mustofa.
Di SDN Gadang 4, kegiatan pramuka dilakukan setiap hari Jumat siang. Materi pelajaran di sekolah juga dapat dimasukkan melalui permainan dalam kepramukaan, sehingga anak-anak tetap belajar, namun dengan konsep bermain. Misalnya untuk menghitung jarak, siswa diminta untuk menghitung jarak rumah ke sekolah dengan jumlah langkah kakinya.
"Kalau satu langkah kaki mereka misalnya setengah meter, mereka harus menghitung berapa jarak rumah ke sekolah dengan menghitung jumlah langkah yang dilakukannya," sambungnya.
Pengenalan warna di tingkat ini juga dilakukan melalui kegiatan yang menarik. Misalnya, siswa diminta untuk menghitung jumlah pagar rumah berwarna merah yang ada di sepanjang perjalanan pulang sekolah mereka.
Putri Marwah, salah satu siswa mengatakan suka mengikuti pramuka karena seru bisa bertemu dengan banyak teman. Terlebih, dia juga bisa mengenal banyak permainan.
"Bisa main tepung sama temen-temen, kalo pas perkemahan juga bisa makan bareng temen-temen," ujarnya polos.
Kemarin, sebanyak 500 pramuka garuda siaga dan pramuka garuda penggalang Kwarcab kota Malang menggelar upacara peringatan hari Pramuka ke-56 dengan melaksanakan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan kota Malang.
"Dengan upacara peringatan ini, semoga dapat memupuk nasionalisme dan semangat membangun bangsa," ujar Abdul Malik, Asisten I Sekda Kota Malang yang juga selaku pembina upacara. (mg19/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...