Ajarkan Kepedulian, Bagi Sembako dan Zakat Fitrah


MALANG - Puluhan warga tidak mampu dari Kelurahan Pandanwangi, Hari Sabtu (9/6) kemarin, berada di SD Plus Al-Kautsar. Kedatangan mereka ke sekolah, untuk menerima bingkisan berupa paket sembako dan zakat fitrah dari civitas SD Plus Al-Kautsar. Tepat pukul 08.30, bingkisan sembako dibagikan setelah acara sambutan oleh Kabid Humas SD Plus Al-Kautsar, Darmaji. S.Ag.
Ketua Panitia Rifa Mifta Indriani, S.Pd mengatakan, untuk tahun ini dipastikan warga yang menerima paket sembako juga mendapat zakat fitrah. "Karena yang berhak menerima sembako itu juga masuk kriteria orang yang juga berhak menerima zakat," katanya.
Ia mengungkapkan, tahun ini sedikitnya ada 150 paket sembako dan zakat fitrah yang disalurkan. Seperti tahun sebelumnya, sedekah dan zakat ini disalurkan pada warga di sekitar sekolah. Tercatat 150 warga yang diundang merupakan warga dari RW 9 dan RW 10 Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing.
Sebelum menentukan siapa saja yang akan diundang, pihak panitia melakukan survei lebih dulu. Tujuannya untuk memastikan apakah yang bersangkutan layak atau tidak menerima bantuan. "Dalam hal ini kami bekerjasama dengan pengurus RT dan RW setempat," ujarnya.
Menurut Rifa, melalui kegiatan bagi sembako dan zakat, pihak guru ingin memberikan pelatihan kepada siswa akan indahnya berbagi kepada sesama. Bahwa di luar sana masih banyak orang yang memerlukan bantuan. "Di sini ada peran serta siswa, karena anggaran untuk sembako dan zakat juga diambilkan dari amal Jumat mereka. Sebagian juga bantuan dari orang tua siswa. Ada yang berupa uang dan ada yang bentuknya barang," tuturnya.
Isi bingkisan paket sembako terdiri dari mie, kecap, minyak goreng, gula, bawang dan garam. Ditambah beras dari paket zakat fitrah. "Semuanya bahan bahan sembako untuk keperluan sehari-hari. Semoga bermanfaat saat Lebaran Idul Fitri dan sesudahnya," ucap Rifa.
Kabid Humas SD Plus Al Kautsar Darmaji, S.Ag mengatakan, program bagi sembako dan zakat fitrah merupakan agenda tahunan sekolah. Melalui program ini pihaknya ingin agar SD Plus Al-Kautsar semakin dekat dengan warga dan semakin dirasakan manfaatnya. "Kami juga mohon doa pada panjenengan semua, semoga sekolah ini semakin maju. Dengan makin majunya SD Plus Al-Kautsar, tentu akan semakin memberikan manfaat untuk semuanya," ucapnya saat sambutan.
Sementara itu, ungkapan syukur disampaikan oleh Nani, salah satu warga penerima bantuan. "Matur nuwun njih, mugi Al-Kautsar diparingi rezeki ingkang katah lan barokah  (Terima kasih ya, semoga Al-Kautsar diberi rezeki yang banyak dan berkah)," ucapnya.(mp1/sir/lim)

Berita Lainnya :