Tarikan Rancak Malangan di Belanda


Malang Post, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (FH UMM) Venska Natasha Olivia menjadi salah satu perwakilan Duta Budaya Indonesia di Belanda. Kesempatan ini didapatkannya berkat prestasinya sebagai Runner Up Roro dalam ajang pemilihan Joko Roro Kabupaten Malang Tahun 2018.
Dalam kegiatan bertajuk Tong Tong Fair 2018 yang berlangsung di Den Haag pada (22/5-3/6) lalu, Venska berkesempatan unjuk gigi bersama dengan empat rekan lain yang merupakan Joko Roro Kabupaten Malang. Mereka menampilkan tari-tarian tradisional Indonesia khususnya yang berasal dari Jawa Timur seperti Tari Rancak Malangan, Tari Remo, Tari Topeng Bapang dan Tari Gading Alit.
"Ketika menari di atas pentas yang ditonton banyak orang asing membuat saya bangga. Respon  antusias dari mereka semakin membuat saya bersemangat menampilkan yang terbaik," tuturnya dirilis Humas UMM.
Tong Tong Fair merupakan festival untuk budaya Indonesia yang digelar oleh Yayasan Tong Tong. Festival ini diadakan setiap tahunnya di Belanda dan tahun ini merupakan gelaran yang ke-60. Festival ini digelar sebagai bentuk ekspresi kebudayaan Hindia Belanda, sebagai bentuk perayaan kesuksesan migrasi WNI ke Belanda. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :