SMK PGRI 2, Siapkan Beasiswa untuk Pemilik Nilai 9


MALANG – Tahun ajaran baru 2018/2019 SMK PGRI 2 Malang menargetkan peserta didik sebanyak 300 siswa. Pendaftaran yang dibuka sejak bulan Mei hingga 18 Juli mendatang ini peserta didik baru  bisa langsung datang ke loket pendaftaran yang telah disediakan sekolah. Tahun ini sekolah akan memberikan beasiswa senilai Rp 4,5 juta untuk tiga tahun bagi siswa baru yang memiliki nilai UNBK SMP dengan nilai rata-rata 9.
Beasiswa ini ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi di sekolah sebelumnya sehingga ketika sudah diterima mampu berkembang lagi. Dengan beasiswa inilah diharapkan mampu memompa semangat dan motivasi belajar selama menempuh pendidikan di SMK PGRI 2 Malang.
“Beasiswa tersebut sebagai wujud apresiasi kami kepada siswa berprestasi, berapapun jumlahnya selama nilai UNBK rata-ratanya 9 akan kami berikan beasiswa Rp 4.5 juta untuk masa pendidikan tiga tahun,” ujar Kepala SMK PGRI 2, Suprijana, S.Pd.
Selain beasiswa, SMK PGRI 2 Malang juga menyediakan voucher senilai Rp 500 ribu bagi yang mendaftarkan diri selama bulan Juni. Sama halnya dengan beasiswa, sekolah tidak membatasi jumlah siswa yang berhak mendapatkan  voucher tersebut.
Bahkan tidak hanya itu, SMK PGRI 2 Malang juga telah menyiapkan program baru di tahun ajaran 2018/2019 yakni Teaching Factory. Sekolah mendapatkan bantuan dari Direktorat Pembinaan SMK untuk melaksanakan program ini, sehingga melalui program ini siswa akan mendapatkan ilmu sesuai kebutuhan industri.
“Program ini nantinya siswa akan membuat suatu produk, kemudian dipasarkan dan keuntungannya dimanfatkan untuk pengembangan SMK PGRI 2 Malang,” terang Suprijana.
Teaching Factory tersebut merupakan implementasi dari jurusan Pemasaran yang ada di SMK PGRI 2 Malang. Selain itu ada empat jurusan lain yang tak kalah menarik diantaranya Teknik Komputer Jaringan, Multimedia, Administrasi Perkantoran, dan Akuntansi. Kelima jurusan yang ada tersebut Administrasi Perkantoran menjadi jurusan paling diminati peserta didik.
Untuk menjembatani lulusannya, SMK PGRI 2 Malang bekerja sama dengan beberapa dunia industri. Bahkan untuk jurusan pemasaran pihak sekolah menggandeng Matahari dan Ramayana untuk prakerin atau magang kerja siswanya.
“Untuk mengisi waktu liburan ini sudah ada beberapa siswa kami yang PSG ke dua dunia industri tersebut baik yang kelas X maupun XI,” paparnya.
Banyaknya dunia industri yang telah digandeng oleh sekolah ini tentu berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja. Bahkan lulusan 2018 ini lebih dari 50 persen lulusannya sudah mendapatkan pekerjaan di dunia industri. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :