Asik Tebak Huruf Simaphore


MALANG –  Bukan artis, bukan pula selebritis. Namun unjuk kebolehan anak-anak Pramuka MIN 1 Kota Malang di lapangan tengah sekolah mampu memukau ratusan siswa, yang melihat aksi mereka dari pinggir lapangan hingga balkon lantai dua.   
Ya, peringatan hari Pramuka di MIN 1 berlangsung meriah. Puluhan siswa dari tingkat Penggalang atraktif menampilkan kreativitas dan keterampilan dalam tali temali, pioneering, senam tongkat, dan simaphore. Berlangsung selama 30 menit, atraksi mereka ditonton oleh seluruh siswa dan guru MIN 1 Kota Malang.
“Aku tahu, itu huruf N,” celetuk salah satu siswa yang menebak gerakan simaphore teman-temannya.
Kepala MIN 1 Kota Malang Drs. Suyanto, M.Pd mengatakan, Pramuka mengajarkan banyak hal kepada siswa. Di antaranya, untuk terampil dan kreatif, serta mendidik mereka menjadi individu yang disiplin, patriotis dan pemberani.  "Patriot itu sosok yang pemberani yang nasionalis, tapi tetap menjaga nilai kesopanan dan bertanggungjawab. Inilah yang perlu dimiliki siswa sebagai penerus bangsa," tambahnya.
Pramuka, lanjutnya, juga  dapat menjadi media untuk mencapai visi misi sekolah dalam pembentukan generasi yang beriman, cerdas, dan berakhlakul karimah. “Pramuka mengandung nilai-nilai pendidikan, baik berkaitan dengan spiritual, sosial atau hubungannya dengan alam sekitar. Ini termuat dalam Dasa Dharma Pramuka,” ujarnya
Oleh karena itu, ajaran Pramuka dinilai penting diterapkan di lingkungan MIN 1. Pun mengenai kesederhanan, Pramuka memberikan ajaran untuk hidup hemat dan bersahaja. Karena itu, tegas Suyanto, aktivitas Pramuka ini penting dilakukan di lingkungan MIN 1 Kota Malang yang mayoritas berasal dari keluarga menengah ke atas.
“Mengajarkan siswa untuk hidup sederhana. Meskipun dari keluarga yang mampu, juga perlu bersahaja karena teman mereka juga ada yang dari keluarga biasa," tuturnya.
Diawali dengan nilai spiritual yang mengajarkan cinta kepada Yang Maha Pencipta, Dasa Dharma ditutup dengan nilai kesucian diri. Sehingga, sosok Pramuka harus memiliki kesucian pikiran, perkataan dan perbuatan.
Dalam amanat yang disampaikannya saat upacara, Yanto menjelaskan filosofi kelapa yang tumbuh mulai dari tunas kecil hingga menjadi pohon besar. Sebagai tanaman yang tumbuh di banyak tempat, kelapa dari segala sisi memiliki manfaat bagi manusia. “Dari akar hingga daunnya, pohon kelapa memiliki manfaat. Maka sebagai manusia, kita juga harus menjadi makhluk yang bisa menebar manfaat bukan malah merugikan,” imbuhnya.
Pembina Pramuka MIN 1 Kota Malang Irma Fajarwati, M.Pd mengatakan, peringatakan Hari Pramuka hanya melibatkan kelas 5 dan 6. Para siswa yang kini tingkat penggalang ini, diberikan kesempatan untuk beraksi dan menampilkan keterampilannya. “Kami latihan hanya lima hari saja. Tapi anak-anak berhasil menampilkan yang terbaik,” ucapnya.
Irma berharap melalui peringatakan Hari Pramuka, siswa MIN 1 Kota Malang menjadi generasi-generasi yang siap membangun Bangsa Indonesia lebih maju. “Seperti tema yang kita angkat yaitu bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik untuk bangsa,” tuturnya. (imm/sir/mg19/han)

Berita Lainnya :